• Nusa Tenggara Timur

Bertemu Simpul Masyarakat, Kapolsek Alak Imbau Warga Ciptakan Pemilu Damai

Imanuel Lodja | Kamis, 25/01/2024 17:12 WIB
 Bertemu Simpul Masyarakat, Kapolsek Alak Imbau Warga Ciptakan Pemilu Damai Kapolsek Alak Kompol Edy mengelar Safari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan pelaksanaan Pemilu 2024, Rabu (24/1/2024).

KATANTT.COM--Tahapan pelaksanaan Pemilu sudah memasuki kampanye rapat umum. Tinggal 19 hari lagi, warga melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara.

Dalam rangka menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif, Kapolsek Alak Kompol Edy mengelar Safari Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan pelaksanaan Pemilu 2024, Rabu (24/1/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Polsek Alak dalam rangka meningkatkan keamanan di wilayah Kecamatan Alak dan meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas sehingga masyarakat merasa lebih aman.

Rapat dipimpin Kapolsek Alak Kompol Edy, SH, MH, di aula kantor Kelurahan Penkase Oeleta, juga dihadiri Camat Alak, Yulianus Wilem Pally, SH, Lurah Penkase, PPK kecamatan Alak, KPPS kelurahan Penkase, Polisi RW, Ketua LPM, Ketua RT dan RW, Linmas, Babinsa Penkase Oeleta dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Penkase Oeleta serta puluhan warga.

Kapolsek Alak Kompol Edy, menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk meminimalisir potensi gangguan di wilayahnya dan menurunkan angka tindakan melanggar hukum.

“kami memaparkan terkait situasi Kamtibmas di wilayah kita dengan harapan agar kita dapat memahami karakter dari masyarakat kita dan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh warga sehingga kita sebagai Pemerintah dan pihak keamanan dapat meminimalisir potensi gangguan di wilayah kita untuk mengurangi terjadinya tindakan yang melanggar hukum," ungkap Kapolsek Alak, Kompol Edy.

Kapolsek Alak Kompol Edy, juga memaparkan data kasus yang ditangani Polsek Alak selama Tahun 2023. Ia juga menekankan pada kebutuhan kerja sama dalam menyikapi permasalahan masyarakat.

"Data ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pencegahan lebih awal apabila di wilayah kita terindikasi akan menimbulkan gangguan Kamtibmas," jelasnya.

Kapolsek Alak Kompol Edy, pun menyampaikan perkiraan keamanan dan kerawanan terkait Pemilu 2024, termasuk keterbatasan pemilih dengan KTP elektronik dan rekrutmen anggota Linmas.

”Terkait dengan tahapan pemilu yang saat ini sedang berjalan saya harapkan kerja sama pemerintahan maupun pihak keamanan untuk sama-sama menyukseskan Pemilu serentak ini sehingga berjalan aman sampai pada saat pelantikan," tambahnya.

Terkait dengan KTP elektronik dan rektutmen anggota Linmas di wilayah kecamatn Alak, Kapolsek menekankan pentingnya sosialisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemilih dan petugas Pemilu.

Kapolsek Alak Kompol Edy, mengajak semua pihak terkait dengan persiapan kampanye terbuka agar sama-sama bekerja untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Camat Alak Yulianus Wilem Pally, menyebutkan kalau pertemuan tersebut melanjutkan hal yang sudah dibahas pada 19 Januari 2024 lalu.

“Dalam menghadapi pemberlakuan jam malam, dihimbau bagi lurah dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar lebih giat mengingatkan ketua RT/RW bahwa warga yang akan menyelenggarakan kegiatan pesta, wajib memiliki Surat Ijin Keramaian dari kepolisian dan membuat Surat Ijin Keramaian,” jelasnya.

Terkait keramaian Pemilu 2024, Camat Alak Yulianus Wilem Pally, menghimbau para lurah akan perannya dalam mengingatkan warganya terkait hajatan pemilu yang akan berlangsung. Hajatan pemilu sebagai tanggung jawab bersama, dalam menjaga lingkungan demi keamanan bersama.

Ditekankan pula kepada RT/RW agar menanyakan terkait dengan warga yang belum memperoleh KTP elektronik dan belum masuk dalam DPT untuk segera dicarikan solusi dan melakukan perekaman KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk) Kota Kupang

FOLLOW US