• Nusa Tenggara Timur

Nelayan di Kupang Terjatuh di Tanjung Otan Pulau Semau saat Memancing

Imanuel Lodja | Minggu, 10/09/2023 06:09 WIB
Nelayan di Kupang Terjatuh di Tanjung Otan Pulau Semau saat Memancing Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi nelayan di Kupang yang terjatuh ke laut di Perairan Tanjung Otan Pulau Semau kabupaten Kupang, Sabtu (9/9/2023).

KATANTT.COM--Danang Priska (53), warga Kupang, terjatuh saat sedang melakukan aktivitas pemancingan. Ia tenggelam di perairan sekitar Tanjung Otan, Kabupaten Kupang, Sabtu (9/9/2023).

Mengetahui korban terjatuh, beberapa rekan korban langsung berusaha menolong korban. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Setelah beberapa saat, korban berhasil dinaikan ke perahu dalam kondisi tidak sadarkan diri. Evakuasi pun dilakukan Tim SAR gabungan pada Sabtu siang.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang menerima informasi perihal warga yang tenggelam saat memancing di perairan sekitar Tanjung Otan, Kabupaten Kupang dan meminta bantuan evakuasi.

Merespon laporan tersebut, pada pukul 13.35 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang langsung menerjunkan tim yang dipimpin Kepala Seksi Operasi dan Siaga Muhdar, SSos, bersama unsur SAR gabungan (Lantamal VII Kupang, Bakamla Kupang, Distrik Navigasi Kupang, KKP Tenau Kupang) menggunakan RIB 10 Kupang bergerak menuju lokasi kejadian guna melaksanakan evakuasi terhadap korban.

Sekitar pukul 14.20 wita, Tim SAR gabungan berhasil menemukan perahu dan langsung mengevakuasi korban ke atas RIB 10 Basarnas Kupang. Kapal langsung bergerak kembali menuju Pelabuhan Navigasi Kupang.

Tiba di pelabuhan Navigasi, korban langsung dievakuasi menggunakan mobil ambulance milik KKP Kupang menuju Rumah Sakit Angkatan Laut Lantamal VII Kupang. Korban diserahkan ke pihak keluarga dan operasi SAR dinyatakan berakhir.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana, SE, MAP, menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh unsur SAR gabungan atas pelaksanaan operasi yang telah dilaksanakan sehingga korban dapat dievakuasi. Informasi terakhir menyebutkan kalau korban meninggal dunia setelah dirawat beberapa saat di rumah sakit.

FOLLOW US