• Nusa Tenggara Timur

Pengurus dan Simpatisan Partai Solidaritas Indonesia NTT Bersihkan Pantai Kelapa Lima

Semy Andy Pah | Senin, 27/03/2023 08:46 WIB
Pengurus dan Simpatisan Partai Solidaritas Indonesia NTT Bersihkan Pantai Kelapa Lima Pengurus dan simpatisan Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur turun langsung melakukan aksi pungut sampah di Jalan Timor Raya dan Pantai Kelapa Lima, Sabtu (25/3/2023).

KATANTT.COM--Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak masyarakat untuk peduli dan menjaga kebersihan di Kota Kupang.

Ajakan tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan jalan santai sambil memungut sampah di sepanjang jalan Timor Raya dan Pantai Kelapa Lima Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (25/3/2023).

Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Jane Natalia Suryanto mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana karena diinisiasi dan berkat dukungan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Kupang dengan melibatkan para pengurus, bakal calon legislatif (Bacaleg) dan simpatisan.

Selain itu kata Jane, untuk menjalin kebersamaan sekaligus konsolidasi bakal calon legislatif (Bacaleg) dan pengurus serta menjalin keakraban. "Kegiatan pungut sampah yang dilakukan hari ini sebagai bentuk kepedulian untuk menjaga Kota Kupang sebagai kota bersih,"kata Sis Jane.

Ia mengakui mengatasi masalah sampah menjadi pekerjaan berat untuk menjadikan sebuah kota menjadi bersih karena harus mengubah mentalitas atau mind set masyarakat.

"Tapi kita optimis ke depan Kota Kupang akan menjadi kota yang bersih kalau masyarakatnya sadar dan peduli akan kebersihan,"ungkap Sis Jane sekaligus Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPR RI periode 2024-2029 dari Dapil NTT 2.

Menurutnya, dalam mendukung pemerintah pihaknya sudah pernah memberikan bak sampah kemudian ada gerakan-gerakan peduli sampah yang sudah dilakukan.

Sementara itu Wakil Ketua DPW PSI NTT, Lorens Milla Dadi mengatakan, Partai Solidaritas Indonesia hari ini melakukan kegiatan jalan santai sambil pungut sampah atau bersih-bersih di wilayah yang dilalui dengan tujuan mengajak masyarakat untuk peduli dengan kebersihan di Kota Kupang.

"Soal kebersihan Kota Kupang kita tidak serahkan semuanya kepada Pemerintah, memang benar bahwa tanggung jawab pemerintah adalah menata kota ini. Tapi tanggung jawab besar itu ada di masyarakat yang membiasakan diri untuk hidup bersih dan peduli terhadap kebersihan lingkungan," ungkapnya

Tujuan dari kegiatan tersebut katanya, adalah mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan agar sampah plastik dan lain sebagainya jangan dibuang sembarang namun ditempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Selain itu kata dia, masyarakat juga harus peduli bahwa sampah dari rumah tangga ataupun di kendaraan harus dibuang pada tempatnya. "Kita tadi sepanjang jalan pilih sampah, dikumpulkan dan dimasukan dalam kantong plastik lalu disimpan di tempat yang bisa dijangkau oleh kendaraan sampah," ujarnya.

FOLLOW US