• Nusa Tenggara Timur

Nelayan Belu yang Hilang Ditemukan Selamat di Kabupaten Kupang

Imanuel Lodja | Rabu, 20/04/2022 18:37 WIB
Nelayan Belu yang Hilang Ditemukan Selamat di Kabupaten Kupang Nelayan asal Belu, Dionisio de Araujo ditolong Tim SAR Gabungan setelah jatuh ke laut di perairan Atapupu ditemukan selamat di Perairan Tanjung Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang.

KATANTT.COM--Tim SAR Gabungan berhasil menemukan Dionisio de Araujo (56), nelayan yang jatuh ke laut di perairan Atapupu, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur dalam keadaan selamat.

Korban ditemukan pada pencarian Rabu (20/4/2022 pada operasi pencarian dan pertolongan hari ketiga.

Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran darat sepanjang bibir pantai Perairan Atapupu Kabupaten Belu menuju ke arah barat hingga pada pukul 10.20 wita.

Tim SAR Gabungan mendapat informasi dari Kapospol Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Aiptu Hironimus Neni bahwa korban ditemukan terombang ambing disekitar Perairan Tanjung Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang.

Korban ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan Naikliu, kemudian dibawa ke Naikliu Kabupaten Kupang.

Tim SAR Gabungan bersama keluarga korban menggunakan RIB 10 Kupang menuju Pelabuhan Naikliu, Kabupaten Kupang guna melakukan penjemputan korban di Pelabuhan Naikliu.

Pukul 15.12 Wita RIB 10 Kupang tiba di Pelabuhan Naikliu dan langsung melakukan penyerahan korban Ke Tim SAR guna dibawa mengunakan RIB 10 Kupang ke Pelabuhan Atapupu Kabupaten Belu.

RIB 10 Kupang olah gerak dari Pelabuhan Naikliu menuju Pelabuhan Atapupu Kabupaten Belu dengan membawa korban.

Adapun Tim SAR Gabungan yang terlibat antara lain Kantor Pencarian dan, Unit Siaga SAR Atambua, Polsek Kakuluk Mesak, Polairud Atapupu, Pos AL Atapupu, Babinsa Jenilu, Bhabinkamtibmas Jenilu, BPBD Kabupaten Belu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kades Jenilu, keluarga korban dan masyarakat setempat.

"Dengan ditemukannya korban tersebut, operasi SAR dinyatakan selesai dan semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Emi Frizer, SE MM, Rabu (20/4/2022).

Ia juga mengucapkan terima kasih atas tugas kemanusiaan yang telah dilaksanakan secara bersinergi dengan seluruh potensi SAR yang ada selama 3 hari.

Emi Frizer berharap semoga kejadian seperti ini jangan sampai terulang kembali dan dalam kondisi cuaca yang ekstrem semua warga masyarakat harus lebih waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

FOLLOW US