• Nusa Tenggara Timur

Hujan Masih Melanda Alor, Dinas PU Identifikasi Lokasi Pembangunan Jalan Darurat

Imanuel Lodja | Rabu, 05/01/2022 14:40 WIB
Hujan Masih Melanda Alor, Dinas PU Identifikasi Lokasi Pembangunan Jalan Darurat Jembatan Pailelang terputus penghubung (jalur utama) antara kecamatan Teluk Mutiara (kota Kalabahi) dengan kecamatan Alor Barat Daya dan Kecamatan Alor Barat Daya Selatan.

KATANTT.COM--Hingga Rabu (5/1/2022), hujan intensitas besar masih melanda Kabupaten Alor, NTT. Masyarakat di Kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor pun waspada dengan kondisi ini.

"Cuaca sekarang hujan lagi dan mudah-mudahan tidak banjir lagi," ujar Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas, SIK, Rabu (5/1/2022).

Saat ini, tim dari dinas PU Kabupaten Alor dan UPT Provinsi NTT sudah ke lokasi penentuan titik yang pas untuk pembuatan jalan darurat.

"Apakah itu dibuat semacam jembatan darurat atau jalan melintas sungai masih menjadi pertimbangan dengan melihat perkembangan situasi alam masih hujan sehingga debit air sungai masih mengalir deras," tambahnya.

Hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Alor, NTT sejak Selasa (4/1/2022) pagi hingga malam hari.

Hujan sepanjang hari ini menyebabkan banjir di beberapa titik dk Kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor.

Tercatat wilayah yang terdampak banjir adalah di ruas jalan antara Kelurahan Welai Barat, kecamatan Teluk Mutiara sampai desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Laut.

Dampak banjir tersebut mengakibatkan sejumlah rumah terdampak banjir di Welai Barat persis di belakang SDN Welai.
Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya ada kerugian material.

Selasa (4/1/2022) tengah malam, Kapolres Alor AKBP Agustinus Christmas, SIK bersama Dandim 1622 Alor beserta BPBD Kabupaten Alor melaksanakan pemantauan dan siaga bantuan dampak bencana banjir sebagai akibat hujan deras yang terjadi hampir seluruh wilayah kabupaten Alor mulai dari Selasa siang.

"Saat pemantauan di sekitar Welai Barat, air sudah berangsur surut, keadaan rumah juga tidak rusak parah hanya air masuk ke dalam rumah," ujar Agustinus Christmas yang dikonfirmasi Selasa tengah malam.

Di depan Gereja Ruilak terdapat jalur sungai baru melintas ke jalan sehingga jalan tertumpuk beberapa material batu menghalangi jalan.

Sementara itu, jembatan Pailelang terputus penghubung (jalur utama) antara kecamatan Teluk Mutiara (kota Kalabahi) dengan kecamatan Alor Barat Daya dan Kecamatan Alor Barat Daya Selatan.

Kapolres dan Dandim Alor pun langsung melakukan konsolidasi dengan Dinas PU Kabupaten Alor.

FOLLOW US