• Nusa Tenggara Timur

KPU Distribusi Logistik Pilkada ke Pulau Raijua Pakai Perahu Motor

Imanuel Lodja | Senin, 05/07/2021 12:35 WIB
 KPU Distribusi Logistik Pilkada ke Pulau Raijua Pakai Perahu Motor KPU Sabu Raijua mendistribusikan logistik pemilihan kepala daerah jelang PSU menggunakan perahu motor ke Raijua dari Seba Pulau Sabu.

katantt.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) selaku penyelenggara Pemungutan Suara Ulang (PSU) mendistribusikan logistik pemilihan kepala daerah.

Distribusi dilakukan menjelang PSU yang akan digelar Rabu (7/7/2021).

Juru Bicara KPU Sabu Raijua Daud Pau, mengatakan, logistik dan alat pelindung diri didistribusikan lebih dahulu ke lokasi terjauh melalui perahu motor.

"Tadi siang pukul 13.00 Wita, kita sudah distribusikan ke Pulau Raijua menggunakan perahu motor," ujar Daud, Minggu (4/7/2021) petang.

Logistik dikirim dari Pelabuhan Seba ke pelabuhan Namo Pulau Raijua.

Logistik yang didistribusikan terdiri dari 19 kotak suara dengan rincian 18 kotak sesuai jumlah TPS dan satu kotak untuk di PPK atau kecamatan.

Menurut Daud, tambahan satu kotak itu, untuk keperluan rekapitulasi di tingkat kecamatan serta bilik, alat pelindung diri, serta multi vitamin untuk KPPS saat melaksanakan tugas pada hari H pemungutan suara.

Daud menyebut, kondisi cuaca yang kurang bersahabat membuat KPU mengambil langkah memakai jasa perahu motor Napuru Le dengan menempuh perjalanan 1 jam 30 menit.

Distribusi logistik itu dikawal sejumlah personel Polres Sabu Raijua dan TNI serta Satpol PP, hingga sampai ke lokasi kecamatan.

Sementara itu, untuk lima kecamatan lainnya yang berada di daratan, pihaknya akan mendistribusikan pada Senin (5/7/2021) dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Daud mengatakan, jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 54.546, ditambah 562 pemilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sehingga total pemilih yang mempunyai hak pilih untuk PSU pemilihan bupati Sabu Raijua sebanyak 55.108 orang.

Ia mengimbau, kepada seluruh pemilih yang terdaftar di DPT dan DPTb, agar datang ke TPS untuk gunakan hak pilihnya.

"Jangan lupa bawa serta dengan C. Pemberitahuan dan KTP elektronik sebelum menuju TPS, serta selalu ikuti protokol kesehatan demi sabu Raijua tercinta," tandasnya.

Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna juga menyebutkan kalau distribusi logistik juga Bawaslu NTT dan Sabu Raijua.

Sebelumnya, MK memerintahkan KPU menggelar pemungutan suara ulang dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020.

Hal itu diputuskan dalam sidang putusan atas perkara yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 3 yakni Takem Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba.

"Memerintahkan termohon (KPU) untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang yang disiarkan secara daring, Kamis (15/4/2021).

MK pun membatalkan kemenangan pasangan nomor urut 02 Orient Patriot Riwu Kore dan Thobias Uly Orient Patriot. Orient terbukti masih berstatus warga negara Asing (WNA) Amerika Serikat.

FOLLOW US