• Nusa Tenggara Timur

Kapolres Nagekeo Serahkan Sembako untuk Warga Terdampak Abrasi

Imanuel Lodja | Senin, 18/03/2024 14:07 WIB
Kapolres Nagekeo Serahkan Sembako untuk Warga Terdampak Abrasi Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak abrasi sepanjang Pantai Udiworowatu saat melakukan kunjungan ke Polsek Mauponggo.

KATANTT.COM--Kapolres Nagekeo, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), AKBP Andrey Valentino, SIK, berkunjung ke Mako Pos Polisi Keo Tengah yang merupakan wilayah hukum Polsek Mauponggo akhir pekan lalu.

Polsek Mauponggo sendiri memiliki wilayah hukum yang meliputi Kecamatan Mauponggo dan Kecamatan Keo Tengah. Kunjungan ini sekaligus meninjau wilayah yang terkena dampak bencana abrasi laut di Desa Udiworowatu

Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino melakukan safari Kamtibmas untuk melihat secara langsung dampak yang terjadi akibat abrasi air laut yang terjadi sepanjang Pantai Udiworowatu. Abrasi ini terjadi pada Kamis (14/3/2024) mengakibatkan rusaknya beberapa tempat usaha milik warga setempat.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino melaksanakan anjangsana dan pemberian sembako dalam kegiatan bakti sosial kepada beberapa masyarakat terdampak.

Pemberian tersebut merupakan tindakan spontanitas dan inisiatif dari Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino kepada masyarakat Kecamatan Keo Tengah yang mengalami dampak dari bencana alam tersebut.

Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino saat silaturahmi dengan masyarakat mengaku kalau pihaknya ingin menjalin kemitraan demi terbinanya situasi Kamtibmas yang kondusif karena selama ini situasi Kamtibmas di wilayah tersebut sudah sangat kondusif.

Orang nomor satu di jajaran Polres nagekeo ini mengucapkan terima kasih kepada semua warga yang hadir atas sambutan dan penerimaan yang cukup hangat dan penuh kekeluargaan.

Kesempatan bertemu warga ini dimanfaatkan Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino yang didampingi Wakapolres Nagekeo, Kompol Januarius Seran, SH, dan beberapa pejabat Polres Nagekeo untuk menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat yang ada bertempat tinggal dan memiliki usaha di sepanjang pesisir pantai.

Camat Keo Tengah, Servasius Ndapa, ST menjelaskan kalau warga terdampak terdiri dari masyarakat Desa Udiworowatu. "Mewakili masyarakat yang terdampak, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri khususnya Polres Nagekeo melalui Kapolres Nagekeo. Atas kepeduliannya terhadap masyarakat yang dianggap sebagai mitra dengan turut merasakan dan membantu meringankan beban masyarakat dan menjadi contoh dalam berbagi kepada sesama," katanya.

Servianus Ndapa menambahkan keadaan wilayah, jumlah penduduk serta peran aktif pemerintah Keo Tengah melalui Forkopimcam Keo Tengah yang meliputi unsur pemerintah, Polri Pospol Keo Tengah dan anggota Posramil Keo Tengah yang solid serta selalu berkoordinasi dalam menanggapi setiap kejadian yang terjadi.

Salah satu bukti solidaritas yakni bersama-sama menangani bencana beberapa hari yang lalu dengan melaksanakan kerja bakti bersama warga untuk membuka kembali akses jalan yang terputus akibat bencana alam tersebut.

Terkait cuaca ekstrim, Kapolres Nagekeo AKBP Andrey Valentino menghimbau agar masyarakat mempertimbangkan kembali jika ke depan ingin membangun bangunan di pinggir pantai sebagai tempat usaha maupun tempat tinggal mengingat kondisi cuaca yang sulit diprediksi.

Himbauan yang selalu disampaikan pihak kepolisian merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui Forkopimcam karena merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah yg lebih tinggi dalam menjalankan program pemerintah.

Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino juga minta agar masyarakat meningkatkan kegiatan dan kekompakan Forkopimcam yang selama ini terjalin dengan baik karena hal tersebut menjadi harapan semua pihak terutama mengedepankan koordinasi untuk mengambil langkah dalam pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik.

"Dalam pemberian bantuan ini, kami tidak ada apa-apanya namun dibalik itu semua, kegiatan kunjungan kami pada hari ini untuk melihat langsung dan bertemu dengan masyarakat terdampak dan juga untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat," tandasnya.

Menanggapi saran dan permintaan dari Kapolsek Mauponggo terkait penambahan anggota di Pospol Keo Tengah, Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino mengaku permintaan tersebut akan dipertimbangkan mengingat Polres Nagekeo sendiri pun masih kekurangan anggota namun usulan tersebut akan dipertimbangkan.

Ia berharap agar masyarakat tetap mempertahankan situasi Kamtibmas di wilayah tersebut dengan meningkatkan kerjasama antar instansi untuk memudahkan jalur koordinasi dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Ia minta agar abrasi di sepanjang pesisir pantai Udiworowatu sebagai wilayah rawan bencana alam harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah dalam penanggulangan

FOLLOW US