• Nusa Tenggara Timur

Truk Pengangkut Kotak Suara Pemilu Alami Kecelakaan di Batu Putih-TTS

Imanuel Lodja | Kamis, 22/02/2024 08:36 WIB
Truk Pengangkut Kotak Suara Pemilu Alami Kecelakaan di Batu Putih-TTS Dump truk yang dikemudikan Servasius Manus (28), warga RT 10/RW 03, Desa Fafinesu A, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) memuat 35 kotak dari 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Benlutu, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

KATANTT.COM--Satu unit dump truk nomor polisi DH 8213 CA yang memuat logistik pemilu 2024 mengalami kecelakaan, Sabtu (17/2/2024) subuh. Dump truk yang dikemudikan Servasius Manus (28), warga RT 10/RW 03, Desa Fafinesu A, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) memuat 35 kotak dari 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Benlutu, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Dump truk hendak membawa logistik ini ke sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Batuputih. Diperoleh informasi kalau truk mengalami kecelakaan tunggal di RT 014/RW 006, Dusun Panmolo, Desa Boentuka, Kecamatan Batu Putih dan menabrak pembatas jalan hingga terjatuh di kali kering yang kedalamannya sekitar 4 meter.

Sopir truk dibawa ke Puskesmas Batuputih untuk memperoleh penanganan medis karena mengalami luka pada telinga kanan dan sudah kembali ke rumah.

Ada 35 kotak suara dan logistik Pemilu yang diangkut yakni 30 buah kotak kondisi baik, 3 kotak kondisi rusak ringan dan dua buah kotak rusak berat.

Dua buah kotak suara yang rusak berat yaitu kotak suara DPD TPS 7 Desa Benlutu dan surat suara DPRD Provinsi TPS 4 Desa Benlutu. Polisi dari Polres TTS dan Polsek Amanuban Barat langsung ke lokasi kejadian.

Kasat Intelkam Polres TTS, Iptu Frumensius G. Dinong turun ke lokasi kecelakaan di Dusun Panmolo, Desa Boentuka, Kecamatan Batu Putih bersama Kabag Ops Polres TTS AKP I Ketut Sedra.

Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Desi Nomleni dan Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten TTS, Longginus Ulan juga ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan kondisi kotak suara di lokasi kejadian.

Ketua KPU Kabupaten TTS Andhy B. Funu juga ke lokasi kejadian mengecek kotak suara dan diangkut ke atas truk warna kuning nomor polisi DH 8151 C untuk dibawa ke PPK Batu Putih.

Kotak Suara tiba di sekretariat PPK dan dilakukan pengecekan oleh KPU dan Bawaslu Kabupaten TTS terkait kondisi logistik pemilu yang berada dalam kotak suara yang mengalami rusak berat.

KPU juga menghitung kembali jumlah surat suara DPD TPS 7 Desa Benlutu dan surat suara DPRD Provinsi TPS 4 Desa Benlutu karena sampul surat suara sudah dalam keadaan robek.

Surat suara DPD TPS 7 Desa Benlutu sebanyak 168 lembar surat suara sah dan 87 surat suara yang tidak digunakan serta 6 surat suara tidak sah atau sebanyak 262 lembar surat suara dalam keadaan baik dan lengkap.

Hasil penghitungan surat suara DPRD Provinsi TPS 4 Desa Benlutu secara keseluruhan sebanyak 286 lembar juga dalam keadaan baik dan lengkap.

Surat suara yang telah dihitung disimpan ke dalam plastik kemudian disimpan dalam box container dan dibuatkan berita acara.

Kapolsek Amanuban Barat, Iptu Jenedi Lian yang dikonfirmasi Sabtu (17/2/2024) membenarkan kejadian ini.

"Kecelakaan tunggal dan sudah bisa diatasi. Logistik sudah dibawa ke kantor kecamatan Batu Putih," tandasnya.

FOLLOW US