• Nusa Tenggara Timur

Bagian Psikologi Polda NTT Beri Psikososial untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Imanuel Lodja | Senin, 15/01/2024 07:23 WIB
Bagian Psikologi Polda NTT Beri Psikososial untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi Salah satu anggota Polri pada Bagian Psikologi Polda NTT memberikan trauma healing psikologi kepada anak-anak yang menjadi korban bencana alam Gunung Lewotobi

KATANTT.COM--Berbagai satuan kerja ambil bagian dalam membantu korban bencana alam erupsi Gunung Lewotobi laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda NTT pun ambil bagian dalam misi kemanusiaan ini.

Sejumlah personil dari Bagian Psikologi dipimpin Kabag Psikologi Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chrismawan, MSi, PSi. Psikolog memberikan trauma healing psikologi korban bencana alam Gunung Lewotobi.

Selama hampir sepekan, anggota Psikologi ada bersama dan berbaur dengan ribuan pengungsi terutama anak-anak. Tim Trauma Healing Psikologi Satgas operasi kontijensi Aman Nusa II Polda NTT BKO Polres Flores Timur melaksanakan konsolidasi persiapanan keberangkatan ke lokasi pengungsian di lapangan Apel Polres Flores Timur yang dipimpin oleh Waka polres Flores Timur.

Tim Trauma Healing ke lokasi pengungsian di Desa Konga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur dan langsung bertemu dengan Kepala Desa Konga di Kantor Desa Konga.
Tim melakukan pendampingan sosial dan trauma healing di lokasi pengungsian SD Konga Titehena dengan membagikan sembako kepada korban bencana alam erupsi gunung berapi Lewotobi sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar.

Trauma healing diberikan kepada warga yang mengungsi dan bermain bersama anak-anak pengungsi untuk memberikan healing psikologi guna menjaga kesehatan mental masyarakat.
Tim juga membagikan makanan ringan kepada anak-anak korban bencana alam untuk memberikan semangat sekaligus menghibur anak-anak.

Tidak hanya itu, tim trauma healing psikologi Polda NTT juga menggelar makan siang bersama pengungsi di sekitar tempat pengungsian di Desa Konga,kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur.

Tim juga melanjutkan pendampingan psikologi di lokasi pengungsian di Desa Riang Rita, Kecamatan Ilebura, Kabupaten Flores Timur untuk melaksanakan healing psikologi dan memberikan sembako kepada masyarakat korban bencana alam erupsi Gunung Lewotobi.

Bersama kepala desa setempat, tim melakukan healing psikologi di kantor desa Riang Rita seperti pembagian sembako kepada korban bencana alam erupsi Gunung Berapi Lewotobi sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar.

Bagi warga yang mengungsi, tim melakukan trauma healing dan bermain bersama anak-anak pengungsi untuk memberikan healing psikologi guna menjaga kesehatan mental masyarakat.

"Tim Bagian Psikologi Biro SDM Polda NTT melaksanakan dukungan psikososial ( trauma healing) kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung berapi Lewotobi sehingga mental masyarakat terutama anak-anak tetap terjaga," kata Kabag Psikologi Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chrismawan.

"Kami memberikan pendampingan psikologi dan bantuan. Bagi anak-anak pengungsi, kami hibur dan membangkitkan mental mereka agar tetap sabar dan kuat saat berada di lokasi pengungsian," sambungnya saat dikonfirmasi, Minggu (14/1/2024),

Kegiatan oleh tim trauma healing Polda NTT ini dilakukan selama satu pekan di beberapa lokasi pengungsian di Kabupaten Flores Timur.

FOLLOW US