• Nusa Tenggara Timur

Sukses Jalankan Tugas di Papua, 104 Anggota Brimob Polda NTT Raih Penghargaan

Imanuel Lodja | Rabu, 03/01/2024 18:30 WIB
Sukses Jalankan Tugas di Papua, 104 Anggota Brimob Polda NTT Raih Penghargaan Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menyalami anggota Brimob Polda NTT saat upacara penerimaan pasukan Brimob Polda NTT Satgas operasi damai Cartenz 2023 di Polda NTT, Rabu (3/1/2024).

KATANTT.COM--Sebanyak 104 orang anggota Satuan Brimob Polda NTT sukses menjalankan operasi damai Cartenz di Papua selama 1 tahun.

Jumlah ini berkurang satu orang karena salah satu anggota Brimob Polda NTT, Bonefasiys Jawa gugur dalam tugas pada awal Desember 2023 lalu.

Sebanyak 105 orang anggota Brimob ini ke Papua sejak Desember 2022 lalu dan 104 orang kembali ke NTT pada 31 Desember 2023. Selama satu tahun di Papua, mereka ditugaskan Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.
105 orang anggota Brimob ini menjalani tugas di Distrik Titigi, distrik Nduga, distrik Sugapa serta distrik Ilaga.

Kepulangan mereka pada Minggu (31/12/2024) dijemput Dansat Brimob, Kombes Pol Fery Ukoli di bandara El Tari Kupang. Saat upacara penerimaan pasukan Brimob Polda NTT Satgas operasi damai Cartenz 2023 yang kembali dari BKO Papua dan commander wish Kapolda NTT di Polda NTT, Rabu (3/1/2024).

Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan apresiasinya atas pengabdian anggota Brimob Polda NTT di Papua. "Berangkat 105 personil dan terima kembali 104 anggota Brimob Polda NTT yang kembali dari penugasan," ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini juga minta seluruh anggota Polri dan ASN mengheningkan cipta dan mendoakan 1 anggota Brimob, Bonifasius Jawa yang gugur dalam penugasan di Papua.

"Kita mengheningkan cipta mendoakan Bonifasius Jawa yang gugur dalam medan tugas di Papua," kata Daniel Tahi Monang Silitonga.

Satu anggota yakni Rani Yohanes Seran masih dirawat karena tertembak. Kapolda menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada anggota yang kembali dari penugasan di Papua. "Banyak hal yang sudah dilakukan yakni perjuangan dan pelayanan," tambah Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga .

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga juga menyampaikan kalau pimpinan Polri memberikan sejumlah penghargaan kepada 104 anggota Brimob Polda NTT. "Atas nama negara dan Polri, penghargaan tidak hanya dalam kata tapi Kapolri memberikan beberapa penghargaan," tandas mantan Kapolda Papua Barat ini.

Kepada seluruh anggota Brimob penugasan Papua, Kapolri memberikan PIN emas dan 10 orang langsung ikut dalam pendidikan bintara.

Khusus Rani Yohanes yang sudah naik pangkat, akan mendapat lagi kenaikan pangkat luar biasa.

"Negara tidak diam dan tidak mengabaikan pengabdian anda. Semua diperhitungkan secara cermat. semangat tinggi dan pengorbanan yang luar biasa anda telah berikan kepada megara demi tegakkan NKRI," tegasnya.

Jenderal polisi bintang dua ini memberikan sejumlah pesan agar kedepan segera menyesuaikan dengan tugas baru dan pekerjaan di depan makin kompleks. Kapolda juga mengingatkan pentingnya kebersamaan.

"Jika kamu ingin berjalan cepat berjalan lah sendiri. tapi jika ingin berjalan jauh maka harus berjalan bersama. Harus pupuk kebersamaan untuk tugas kedepan. Bukan hanya bekerjasama tetapi bekerja bersama-sama," tegasnya.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengingatkan bahwa anggota yang berjalan sendiri tidak akan bisa berjalan, namun jika berjalan bersama bisa menyelesaikan masalah bersama.

"Kapan pun dan dimana pun Brimob bisa membela bangsa dan negara. Anda sudah tunjukkan kehebatan. Satu gugur dan 1 dalam perawatan jangan mengecilkan perjuangan tetapi jadi motivasi dan pupuk terus kebersamaan itu," tambahnya.

Ke depan Polda NTT akan terus mengirim pasukan Brimob jika ada permintaan. "Kedepan masih terus akan kirim pasukan untuk menjaga keutuhan NKRI di Papua dan Brimob harus siap sedia mengabdikan jiwa dan raga bagi bangsa dan negara," tand Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

FOLLOW US