• Nusa Tenggara Timur

Selama 2023, Kasus Kriminal di Sumba Barat Meningkat

Imanuel Lodja | Minggu, 31/12/2023 13:26 WIB
Selama 2023, Kasus Kriminal di Sumba Barat Meningkat Wakapolres Sumba Barat, Kompol Lorensius saat menggelar jumpa pers terkait kasus kriminal dan lakalantas selama tahun 2023 di Mako Polres Sumba Barat.

KATANTT.COM--Polres Sumba Barat yang membawahi Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah menangani ratusan kasus dalam kurun waktu tahun 2023. Selama tahun 2023, Satuan Reskrim Polres Sumba Barat menangani 457 kasus tindak pidana.

Jumlah ini meningkat jika dilihat perbandingan dengan tahun 2022 naik sebanyak 68 kasus. Sementara di bidang lalu lintas terjadi penurunan kasus kecelakaan lalu lintas selama tahun 2023.

Kasus kecelakaan lalu lintas pada tahun 2023 sebanyak 29 kasus, turun 1 kasus dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 30 kasus.

Wakapolres Sumba Barat, Kompol Lorensius, SH, SIK, menjelaskan untuk kasus kriminal khususnya tindak pidana umum, sebanyak 364 kasus atau sekitar 80 persen berhasil diselesaikan oleh penyidik Satreskrim Polres Sumba Barat.

Diakui kalau keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras anggota Polres Sumba Barat dan jajaran, serta kerjasama dengan stakeholder dan masyarakat Sumba Barat dan Sumba Tengah yang peduli akan Kamtibmas di wilayahnya.

Kasus yang mendominasi di wilayah hukum Polres Sumba Barat selama satu tahun terakhir adalah kasus penganiayaan sebanyak 185 kasus dan kasus pencurian sebanyak 156 kasus.

Untuk kasus kecelakaan lalu lintas, dari 29 kasus yang terjadi sebanyak 27 kasus berhasil diselesaikan. Kemudian dua kasus yang tersisa masih dalam proses penyidikan.

Korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pun menurun dari 26 orang pada tahun 2022 menjadi 10 orang pada tahun 2023.

Menyikapi berbagai kasus yang terjadi, Polres Sumba Barat telah menyiapkan berbagai langkah preventif guna mencegah dan meminimalisir kasus yang terjadi di wilayah Sumba Barat dan Sumba Tengah.

"Kami melakukan mapping daerah rawan kriminalitas, memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan sambang dan pembinaan dan penyuluhan di tingkat desa, melaksanakan pendidikan masyarakat Lantas di sekolah-sekolah," katanya.

"Selain itu, melaksanakan kegiatan Jumat Curhat, meningkatkan penyuluhan hukum di wilayah yang sering terjadi kasus tindak pidana, memaksimalkan Pos Kamling serta meningkatkan Patroli Presisi Sat Samapta di wilayah rawan kriminalitas," sambung Waka Polres Sumba Barat, Kompol Lorensius, Minggu (31/12/2023)..

Untuk pengamanan malam pergantian tahun baru, Polres Sumba Barat melaksanakan apel gabungan bersama instansi terkait (TNI, Satpol PP dan Dishub) dilanjutkan dengan pelaksanaan pengamanan malam tahun baru yang dipusatkan di Lapangan Manda Elu Waikabubak.

Dalam pengamanan malam pergantian tahun baru, Polres Sumba Barat menerjunkan ratusan personel gabungan, dengan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas dan sekat jalan di 12 titik atau penggal jalan yang ada di sekitaran Lapangan Manda Elu.

Polres Sumba Barat juga tengah melaksanakan Operasi Mantap Brata 2023-2024 (OMB) dan Operasi Lilin Turangga 2023 dalam rangka pengamanan Pemilu serentak serta Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Wakapolres Sumba Barat juga menghimbau seluruh masyarakat Sumba Barat dan Sumba Tengah untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas dengan tidak merayakan malam tahun baru secara berlebihan, melakukan konvoi dan mabuk-mabukan di jalan.

“Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik merayakan malam tahun baru dengan keluarga di rumah masing-masing,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap hasutan dan isu-isu yang menyesatkan. Masyarakat juga diharapkan dapat mendukung upaya penegakan hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Mari kita manfaatkan pergantian tahun ini dengan melaksanakan renungan dan introspeksi terhadap hal-hal yang sudah kita lakukan di tahun yang telah kita lewati sebagai motivasi untuk melangkah kedepan agar menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

FOLLOW US