• Nusa Tenggara Timur

Kupang Diguncang Gempa 6,6 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Imanuel Lodja | Kamis, 02/11/2023 05:11 WIB
Kupang Diguncang Gempa 6,6 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah Warga berlarian keluar rumah saat gempa mengguncang Kota Kupang, Kamis (2/11/2023) pagi.

KATANTT.COM--Warga Kota Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur (NTT) dikagetkan dengan guncangan gempa pada Kamis (2/11/2023) subuh. Guncangan gempa sangat keras dan terasa dalam waktu beberapa detik.

Sejumlah warga lari berhamburan dari dalam rumah. Sebagian warga yang masih tidur juga terbangun dan berupaya menjauh dari rumah.

Informasi gempa yang diperoleh menyebutkan kalau gempa tersebut berkekuatan 6.6 magnitudo terjadi pada 2 November 2023 pada pukul 04:04:45 WIB atau 05.04.45 wita.

Lokasi gempa pada 10.34 LS,123.76 BT (24 kilometer tenggara Kupang-NTT) dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG juga mengeluarkam informasi resmi terkait gempa magnitudo 6.6 SR yang sangat terasa di Kota Kupang.

Gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tzunami namun warga diminta waspada terhadap gempa susulan dan tidak panik. Martha (36), warga Kelurahan Nefonaek mengaku kalau ia merasakan guncangan gempa yang sangat keras.

Ia yang saat itu sedang melakukan aktivitas di dapur memilih untuk memadamkan kompor dan lari ke luar rumah karena tembok rumah bergetar dan sebagian perabotan rumah tangga berjatuhan.

Sementara Yeri (40), yang saat itu sedang olahraga lari pagi juga merasakan gempa dan sempat pusing. Beberapa tembok rumah warga juga retak akibat guncangan gempa ini.

"Saya sempat pusing dan awalnya saya pikir karena saya lari pagi. Ternyata saya kaget melihat beberapa warga lari berhamburan ke luar dari rumah karena gempanya sangat terasa," ujarnya.

FOLLOW US