• Nusa Tenggara Timur

Dorong Pembangunan Ekonomi Kota Kupang Bank BTN Gandeng Pemkot Gelar Expo Bertajuk Kupang Doldolu

Semy Andy Pah | Kamis, 20/07/2023 15:40 WIB
Dorong Pembangunan Ekonomi Kota Kupang Bank BTN Gandeng Pemkot Gelar Expo Bertajuk Kupang Doldolu Festival Kupang Doldolu

KATANTT.COM--Bank BTN membangun kolaborasi bersama Pemerintah Kota Kupang dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menggelar Expo bertajuk Kupang Daldolu pada tanggal, 22-27 Juli 2023 mendatang.

Kolaborasi ini merupakan salah satu ajang dari Bank BTN dalam membangkitkan ekonomi masyarakat berkolaborasi dengan para pengembangan properti UMKM yang dikemas dalam rangkaian Festival Seni dan Budaya khas Kota Kupang.

"Potensi Kota Kupang menjadi salah satu alasan utama, kami ikut mengelar ivent Expo Doldolu bersama pemerintah. Karena pertumbuhan ekonominya yang semakin pesat, ditunjang oleh berbagai lapangan usaha. Kami harap dengan digelarnya event ini akan mempermudah akses masyarakat terhadap produk dan aplikasi perbankan Bank BTN. Mulai dari tabungan kredit pembayaran Perumahan, pembiayaan usaha untuk UMKM hingga aplikasi BTN Mobile," kata Pj Baranch Manager Bank BTN Cabang Kupang, Laloria N. Pardede kepada wartawan di Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (20/7/2023).

Ia menjelaskan bahwa, acara akan dibuka oleh Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh dan Bank BTN sekaligus menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah kota Kupang dalam rangka meningkatkan kerjasama layanan perbankan khususnya KPR BTN dan Kredit Ringan (Kering) BTN.

Menurut Laloria, untuk properti expo, pihaknya mengundang 20 pengembang untuk ikut berpartisipasi dan sekiranya 25 UMKM ikut terlibat dalam UMKM Expo. Dan selama nanti iven ini berlangsung, pengunjung dapat membuka rekening online mengikuti flash sale poin spekta serta transaksi non tunai dengan QRIS.

Selain itu kata dia, ada kesempatan untuk membeli rumah secara cepat karena adanya layanan persetujuan instan KPR dan kredit ringan Bank BTN selama kegiatan ivent berlangsung.

"Rangkaian program dan produk tersebut, akan menjadi salah satu strategi Bank BTN untuk meningkatkan bisnis diantaranya, peningkatan dana pihak ketiga atau DPK khususnya tabungan peningkatan penggunaan BTN Mobile dan dorongan transaksi non tunai dengan aplikasi BTN Mobile serta QRIS,” jelasnya.

Sebagai informasi, BTN KC Kupang mencatat pertumbuhan bisnis yang positif diantara kenaikan DPK dan penyaluran kredit, relaksasi kredit kondisi konsumer per Juni 2023 naik di atas 10 persen dibanding Juni 2022.

Sementara itu relaksasi kredit UMKM meleset sekitar 34 persen dibanding periode Juni tahun lalu dan untuk DPK, khususnya dari dana murah naik sekitar 6 persen dibanding Juni tahun sebelumnya.

Selain menawarkan produk program yang menarik, Bank BTN juga sangat perhatian dengan tingkat  literasi keuangan di Kupang. Selama event berlangsung, Bank BTN bersama Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, mengelar  program literasi keuangan kemasyarakatan umum.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan seluruh pihak yang mendukung kesuksesan event ini, karena event ini juga bentuk komitmen Bank BTN dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Laloria.

Sementara Asisten II Setda Kota Kupang, Ignatius Lega mengatakan bahwa, pada prinsipnya Pemkot juga siap mensupport kegiatan tersebut ini karena ini adalah kegiatan ivent  yang besar di Kota Kupang.

"Saya Asisten sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan selalu siap mendukung dalam segala bidang, yang akan dipentaskan seni dan budaya nanti," ucapnya.

Hal senada dikatakan Sekertaris Kominfo Kota Kupang, Andre Otta bahwa Expo Kupang Doldolu, tersebut merupakan rangkaian menyambut event Forum Kawasan Timur Indonesia ke-8 di Kota Kupang pada 26-27 Juli mendatang.

"Nanti pada puncak dari acara ini  pada tanggal 27 Juli 2023 malam , digelar pentas seni dan budaya, sebagai review dan flasback bahwa dari zaman dulu sampai sekarang, kita masih pertahankan seni dan budaya yang ada", tutupnya.

FOLLOW US