• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Ziarah ke TMP Dharma Loka, Wakapolda Tabur Bunga di Teluk Kupang

Imanuel Lodja | Selasa, 27/06/2023 17:04 WIB
Kapolda NTT Ziarah ke TMP Dharma Loka, Wakapolda Tabur Bunga di Teluk Kupang Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma meletakkan krans bunga saat ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Darmaloka, Kota Kupang dalam rangka memperingati HUT ke-77 Bhyangkara, Selasa (27/6/2023).

KATANTT.COM--Memperingati HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023, jajaran Polda NTT menggelar ziarah rombongan dan upacara tabur bunga. Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Vera Asadoma, para pejabat utama Polda NTT, anggota dan ASN Polri serta Bhayangkari melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka, Kota Kupang, Selasa (27/6/2023).

Sementara Wakapolda NTT, Brigjen Pol Heri Sulistianto menggelar upacara tabur bunga di perairan Teluk Kupang, Selasa (27/6/2023) pagi. Upacara yang dipimpin Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto ini sebagai bentuk penghormatan kepada para prajurit yang telah gugur mendahului.

Ziarah oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma dimulai dengan upacara penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa, yang ditandai dengan mengheningkan cipta sebagai tanda penghormatan terakhir. Selanjutnya, peletakan karangan bunga secara simbolis di tugu makam pahlawan oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma selaku Inspektur Upacara.

Kemudian pembacaan doa sebagai ungkapan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan.
Seluruh peserta ziarah turut ambil bagian dalam tabur bunga di pusara makam para Pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa yang telah diberikan oleh para pahlawan.

Ziarah dilakukan selain memperingati HUT ke-77 Bhayangkara, juga sebuah upaya untuk menghormati dan mengenang para pahlawan yang telah berjasa dalam merebut kemerdekaan bagi generasi saat ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan generasi saat ini dapat mengingat dan menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan negara.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan momen untuk merenungkan makna dari kemerdekaan yang diperoleh serta memupuk semangat patriotisme dan cinta tanah air dalam diri setiap individu. Dengan mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan, diharapkan generasi saat ini dapat mengambil inspirasi dan pelajaran dari perjuangan mereka dalam membangun negara yang lebih baik.

Tabur Bunga

Tabur bunga di perairan Teluk Kupang dihadiri pejabat utama Polda NTT seperti Dirresnarkoba, Dirpolairud, Dirsamapta, Kabidhumas dan Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda. Hadir juga dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTT, KSOP kelas III Kupang, PT Pelindo III Kupang dan ASDP Kupang.

Upacara berlangsung di atas KP Pulau Pomana XXII-3018 Ditpolairud Polda NTT yang diapit oleh dua KP Type C1 yakni KP. Pulau Sebayur XXII-3011 dan KP. Pulau Adonara XXII-3010. Upacara tabur bunga ditandatai dengan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga di laut, penghormatan terakhir dan tabur bunga di Teluk Kupang.

Wakapolda NTT, Brigjen Pol Heri Sulistianto mengatakan, upacara tabur bunga ini sebagai bentuk penghormatan atau penghargaan terhadap para pahlawan yang telah gugur mendahului. “Tabur bunga ini merupakan sebuah kegiatan tradisi yang kita lakukan untuk menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ujar Wakapolda NTT, Brigjen Pol Heri Sulistianto.

Upacara tabur bunga ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara sekaligus mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara.

 

FOLLOW US