• Nusa Tenggara Timur

Polda NTT Gelar Senam Sehat dan Pengobatan Massal di Lokasi Car Free Day

Imanuel Lodja | Sabtu, 24/06/2023 18:30 WIB
 Polda NTT Gelar Senam Sehat dan Pengobatan Massal di Lokasi Car Free Day Sejumlah warga Kota Kupang sementara mendapat pelayanan pengobatan massal dari tenaga kesehatanyang digelar Polda NTT dalam rangka memperingati HUT ke-77 Bhayangkara saat Car Free Day di Jalan El Tari, Sabtu (24/6/2023).

KATANTT.COM--Dalam rangka hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Polda NTT melaksanakan bakti kesehatan berupa vaksinasi Covid-19 dan pengobatan massal, Sabtu (24/6/2023) pagi.

Selain bakti kesehatan juga dilaksanakan senam sehat bersama yang diikuti ratusan orang mulai masyarakat, anggota Polri dan juga Bhayangkari Polda NTT.

Kegiatan ini dilaksanakan di Car Free Day (CFD), Jalan El Tari Kota Kupang dihadiri Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Vera Cristina Sirait Asadoma, MSc, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto, dan para pejabat utama Polda NTT.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Danrem 161/Wirasakti Kupang, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kupang, kepala Jasa Raharja dan unsur Forkopimda.

Dalam kegiatan pelayanan kesehatan ini menargetkan 500 pasien mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pada pemeriksaan kesehatan massal ini, Polda NTT menurunkan tim dokter dan tenaga medis dari TNI-Polri.

Pemeriksaan spesialis mulai dari lenyakit dalam, THT, konservasi gigi, gizi, syaraf, jantung, anak. Kemudian pemeriksaan komposisi tubuh, pemeriksaan laboratorium sederhana, penyuluhan gigi dan peragaaan simulasi BHD (Bantuan hidup dasar) untuk awam.

Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma berterima kasih atas kehadiran warga di tempat CFD pada acara bakti kesehatan dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023.

"Kegiatan bhakti kesehatan yang saat ini kita laksanakan semoga betul-betul bisa menyentuh masyarakat yang membutuhkan bantuan-bantuan kesehatan. Dan tentunya ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang mengusung tema Polri presisi untuk negeri, pemilu damai untuk Indonesia emas,” tegas Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma.

Rangkaian kegiatan bhakti kesehatan ini diawali dengan senam zumba diikuti masyarakat umum dan personel TNI-Polri. Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, pengobatan secara gratis bagi masyarakat Kota Kupang.

Dalam rangkaian HUT ke-77 Bhayangkara, Polda NTT telah melaksanakan beberapa kegiatan sebelumnya yakni pembangunan fasilitas pengeboran sumur air bersih di lima lokasi bagi warga masyarakat yang masih kekurangan air bersih.

Kegiatan itu dilakukan di kabupaten Nagekeo, Sumba Barat, Alor dan Kabupaten Rote Ndao. Selain itu ada Baksos religi yakni pemeliharaan/perawatan/pembersihan tempat ibadah di 45 tempat ibadah masing-masing gereja 22 tempat, masjid 15 tempat, dan pura 8 tempat.

Ada pula bansos berupa pemberian paket sembako sementara sejumlah 3.850 paket. Bedah rumah untuk 3 rumah bagi personil Polri, ASN, Purnawirawan / Warakawuri dan masyarakat umum wilayah Polda NTT.

Pelatihan bantuan hidup dasar untuk memecahkan rekor muri dengan target nasional 38.500 peserta. Juga donor darah dengan target Polda NTT sebanyak 500 kantong darah yang disumbangkan ke PMI.

"Melalui kegiatan bakti kesehatan kita ini diharapkan memberikan dampak positif terbangunnya indikasi kesehatan masyarakat yang lebih baik. Kegiatan bakti kesehatan ini juga merupakan wujud nyata kemitraan Polri dengan masyarakat," tandasnya.

Diakui kalau kemitraan Polri dengan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam mengupayakan terwujudnya kondusifitas keamanan dalam negeri, khususnya dalam mengawal tahun politik 2024.

Dengan bakti kesehatan ini, diharapkan membantu warga yang sedang dalam kekurangan dan kesusahan mendapatkan fasilitas kesehatan. "Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu menuntun apa yang telah kita lakukan dan mengabulkan doa serta harapan kita semuanya," harapnya.

Jenderal polisi bintang dua ini pun berharap peringatan hari bhayangkara ke-77 ini, dapat dijadikan monentum untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia yang berdaulat.

"Jadikan kegiatan ini sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas hidup, khususnya disaat banyaknya kegiatan rutin kepolisian dan kegiatan lainnya dalam menjaga keamanan dalam negeri dalam bentuk perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari semua unsur terkait sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. "Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi pemerintah daerah provinsi NTT, unsur Forkopimda dan elemen masyarakat serta seluruh anggota TNI-Polri yang hadir di tempat ini dalam mengikuti bakti kesehatan menyongsong rangkaian HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023," ujarnya.

FOLLOW US