• Nusa Tenggara Timur

Generasi Muda di Kupang Punya Rumah Kebangsaan

Imanuel Lodja | Sabtu, 24/06/2023 05:36 WIB
Generasi Muda di Kupang Punya Rumah Kebangsaan Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto saat me-launching Rumah Kebangsaan yang digagas Kelompok Cipayung Plus di Jalan Soeharto nomor 4, Kelurahan Naikoten II, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Rabu (21/6/2023).


KATANTT.COM--Generasi muda di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur memiliki rumah kebangsaan. Rumah Kebangsaan ini dapat dijadikan tempat/wadah bagi para pemuda NTT untuk berdiskusi memecahkan masalah terkait isu-isu terkini.

Juga akan melahirkan generasi muda yang akan memperkuat persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa, menjunjung nilai-nilai kebangsaan, memperkokoh kebinekaan, penguatan empati dan solidaritas global, pemberdayaan ekonomi serta kepedulian lingkungan yang semuanya akan terkonsentrasi dalam rumah kebangsaan NTT.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto melakukan launching Rumah Kebangsaan yang terletak di Jalan Soeharto nomor 4, Kelurahan Naikoten II, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Rabu (21/6/2023).

Launching ini dihadiri oleh Kaban Kesbangpol Provinsi NTT, Ir Yohanis Octavianus, MM, para pejabat utama Polda NTT, pejabat provinsi dan instansi di wilayah NTT, penasehat OKP Cipayung plus NTT dan para Ketua OKP Cipayung plus NTT.

Launching Rumah Kebangsaan dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Wakapolda NTT didampingi Dirintelkam dan para Ketua OKP Cipayung Plus NTT. Dilanjutkan dengam peninjauan di dalam Rumah Kebangsaan dan diskusi singkat bersama mahasiswa Cipayung Plus.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto menyampaikan bahwa, fungsi pendirian rumah kebangsaan sebagai wadah kolaboratif bagi pemuda dan para mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus.

"Tanpa mengurangi makna, untuk kebaikan kita semua, kami berharap, rumah inilah yang nantinya bisa dijadikan media diskusi, pembahasan untuk tujuan negara kesatuan RI, kita bisa manfaatkan tempat ini untuk aktifitas mahasiswa, baik dalam bentuk formal, mengeluarkan inovasi menyangkut keamanan dan ketertiban dan keutuhan NKRI," tegasnya.

Dikatakannya bahwa sangatlah tepat apabila rumah kebangsaan ini nantinya bisa menjadi tempat untuk mencurahkan ide dan gagasan. Ia berharap para mahasiswa yang intelektualnya dalam berorganisasi sudah teruji untuk menggunakan rumah ini untuk mencurahkan ide dan gagasan demi NKRI umumnya dan bumi Flobamorata khususnya.

"Terima kasih atas dukungan dari pemerintah daerah atas keberadaan rumah kebangsaan ini sehingga kita berharap implementasi dan aktivitasnya benar-benar untuk kepentingan bangsa bukan untuk kepentingan golongan tertentu atau orang perorang," tambahnya.

Rumah kebangsaan ini dapat dijadikan tempat atau wadah bagi para pemuda dan mahasiswa indonesia berdiskusi memecahkan masalah terkait isu-isu terkini. Serta, menggagas konsep untuk terus menjaga serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

Dan juga hal-hal yang akan dihadapi kedepan utamanya terkait bagaimana kita menjaga persatuan dan kesatuan, mempersiapkan SDM unggul untuk menghadapi persiapan kita menuju indonesia emas tahun 2045, menyiapkan kemampuan kewirausahaan, dan kemampuan kepemimpinan dari para mahasiswa yang tergabung dalam cipayung plus itu sendiri.

Konsep rumah kebangsaan ini tidak hanya dibentuk di tingkat nasional, melainkan di seluruh wilayah Indonesia.
Dengan begitu, semangat untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan dapat digelorakan dan dilakukan oleh seluruh, pemuda, mahasiswa dan masyarakat di seluruh Indonesia umumnya dan Nusa Tenggara Timur khususnya.

"Momentum kegiatan ini harus di glorifikasi, digerakkan menjadi satu langkah, satu kekuatan, dari pusat ke daerah untuk bisa bersama-sama berjuang menjaga nilai besar, menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga pancasila, bhinneka tunggal ika, dan menghantarkan bangsa kita untuk wujudkan tujuan nasional menuju Indonesia emas di tahun 2045," pintanya.

FOLLOW US