• Nusa Tenggara Timur

Prosesi Jalan Salib Klasis Kota Kupang Libatkan Remaja Masjid

Semy Andy Pah | Selasa, 04/04/2023 07:22 WIB
Prosesi Jalan Salib Klasis Kota Kupang Libatkan Remaja Masjid Ketua Panitia Prosesi Jalan Salib VIII, Roy Rumlaklak bersama Ketua UPP GMIT Klasis Kota Kupang, Pdt. Johanis Ratu saat jumpa pers di GMIT Eden Kisbaki Manutapen, Senin (3/4/2023).

KATANTT.COM--Pengurus Pemuda Klasis Kota Kupang menggelar Prosesi Jalan Salib VIII (ke 8) menyambut Perayaan Paskah pada tanggal 6 April 2023 mendatang.

"Prosesi Jalan Salib ke 8 melibatkan 46 gereja GMIT Klasis Kota Kupang serta dua orang pemuda muslim yang terlibat dalam drama penyaliban Yesus," kata Ketua Panitia Prosesi Jalan Salib VIII, Roy Rumlaklak dalam jumpa pers di GMIT Eden Kisbaki Manutapen, Senin (3/4/2023). .

Selain itu kata Roy, juga ada dua orang pemuda muslim dari GP Ansor dan Remaja Masjid Namosain juga turut mengambil bagian dalam pengamanan di setiap etape Prosesi Jalan Salib VIII Pemuda GMIT Klasis Kota Kupang.

Roy mengatakan bahwa dalam prosesi Jalan Salib VIII dimulai dari ibadah Ppmbukaan kegiatan di GMIT Eden Kisbaki Manutapen pada tanggal 6 April 2023 pukul 18.00 wita. Dilanjutkan dengan drama Yesus berkhotbah di atas bukit hingga penangkapan Yesus, kemudian berjalan keluar menuju etape selanjutnya sampai dengan penyaliban Yesus di Bukit Golgota.

"Ada sembilan titik persinggahan dimulai dari GMIT Eden Kisbaki Manutapen, lalu ke GMIT Sonaf Amasat, GMIT Bukit Karang Hoinbala, GMIT Pniel Manutapen, GMIT Bukit Sion Manutapen, GMIT Imanuel Batukadera, GMIT Kota Kupang, GMIT Bait El Nunhila, dan finish di GMIT Lahai`roi Namosain yang ditutup dengan ibadah syukur," kata Roy.

Menurutnya, jumlah peserta dan partisipan yang akan terlibat dalam drama Prosesi Jalan Salib VIII (ke 8) sebanyak 1.500-2.000 orang.

Sementara itu Ketua Unit Pembantu Pelayanan (UPP) GMIT Klasis Kota Kupang, Pdt. Johanis Ratu, STh, mengatakan pihaknya berharap melalui prosesi penyaliban Yesus, umat Kristiani memaknai penderitaan Yesus di atas kayu salib sebagai kekuatan yang mampu menolong umatnya dari dari semua beban penderitaan.

Johanis menambahkan melalui kegiatan paskah dapat membangun konsolidasi Pemuda Klasis Kota Kupang dalam kebersamaan dan menjaga rasa persaudaraan yang rukun, serta belajar bertanggungjawab dalam berorganisasi.

FOLLOW US