• Nusa Tenggara Timur

SDK Rosa Mystica Liliba Wujudkan Sekolah Bebas Sampah

Reli Hendrikus | Jum'at, 18/11/2022 06:21 WIB
SDK Rosa Mystica Liliba Wujudkan Sekolah Bebas Sampah Inilah kondisi Sekolah Dasar Katolik (SDK) Rosa Mystica Liliba terapkan pendidikan karakter para siswanya usia dini dalam rangka wujudkan sekolah bebas sampah.

KATANTT.COM--Sekolah Dasar Katolik (SDK) Rosa Mystica Liliba terapkan pendidikan karakter para siswanya usia dini dalam rangka wujudkan sekolah bebas sampah.

Penerapan pendidikan karakter anak sejak dini cara setiap siswa yang membawa makanan kemasan pembungkus jajanan yang menggunakan plastik kemasan, usai dimakan kemasan plastiknya harus dibawa pulang ke rumah baru dibuang.

"Penerapan ini dengan istilah sampah yang dibawah dari rumah di pulangkan kerumah. Hal ini sebagai salah satu cara agar siswa itu sendiri memiliki rasa tanggungjawab menjaga kebersihan sekolah, serta mengurangi sumber timbulannya yakni sampah plastik," Kata Kepala Sekolah (Kepsek) SDK Rosa Mystica Liliba , SrMa.Irensia Liliana Kenat RVM , kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, hal ini dilakukan karena selama ini masih ada sebagai anak masih ada yang tergantung pada orang tua dan juga orang yang di pekerjakan di rumah (pembantu -red) untuk melakukan semuanya.

"Saat ini sekolah sudah menerapkan penggunaan tumbler dan alat makan yang dibawa oleh siswanya sendiri .Dan jika ada anak-anak yang membawa makanan kemasan pembungkus jajanan yang menggunakan plastik kemasan, usai dimakan kemasan plastiknya harus dibawa pulang ke rumah baru dibuang,"katanya.

Selain penerapan sampah kembalin ke rumah,lanjutnya pihak sekolah juga berlakukan bagi siswa yang terlambat diberikan hadiah dengan memilih sampah diluar halaman sekitar sekolah, dan untuk kelas 4,5dan 6 yang terlambat diberikan hadiah dengan membersihkan toilet," katanya.

Jadi, tambahnya apa yang diterapkan di sekolah ini adalah bagian dari memberikan pendidikan kesadaran disiplin bagi anak-anak.

FOLLOW US