• Nusa Tenggara Timur

Kadis Kesehatan Kota Kupang Pastikan Belum Ada Kasus Gagal Ginjal Anak

Semy Andy Pah | Kamis, 27/10/2022 20:07 WIB
Kadis Kesehatan Kota Kupang Pastikan Belum Ada Kasus Gagal Ginjal Anak drg. Retnowati

KATANTT.COM--Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati memastikan belum ada kasus gagal ginjal yang menyerang anak di Kota Kupang.

"Berdasarkan rekapan dari tim medis yang terhimpun secara detail oleh dinkes, hanya terdapat satu pasien yang memiliki gejala gagal ginjal," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati pada acara Media Gathering di Hotel Aston Kupang, Rabu (26/10/2022).

Meski begitu, Retnowati mengaku pihaknya tetap menghimbau para orangtua agar lebih memperhatikan pola makan yang sehat bagi anak-anak terutama asupan protein. Selain itu menghindari jajan terutama minuman yang berpotensi menyebabkan gangguan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sebagai upaya pencegahan jelas Retnowati, Dinas Kesehatan Kota Kupang sudah menghimbau masyarakat lewat Puskesmas agar mengurangi dan selektif dalam pemberian sirup obat untuk anak-anak.

Terkait dengan larangan terhadap pemberian sirup obat pada anak, Retnowati menjelaskan bahwa berdasarkan edaran Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM) kepada Apoteker seluruh Indonesia, masih perlu dilakukan pengujian obat apa saja yang mengandung zat-zat yang menyebabkan gagal ginjal pada anak.

Menurut Retnowati BPOM sudah menghimbau agar sirup Obat yang mengandung bahan etilen glikol dan bahan lainnya yang beresiko tidak dipajang sementara waktu. "Kita terus berikan himbauan terus kepada masyarakat Kota kupang khususnya orang harus lebih memperhatikan anak-anak," tegasnya.

FOLLOW US