• Nusa Tenggara Timur

Ini Pesan Kapolda NTT Kepada Pejabat yang Baru Dilantik

Imanuel Lodja | Kamis, 28/04/2022 23:43 WIB
Ini Pesan Kapolda NTT  Kepada Pejabat yang Baru Dilantik Kapolda NTT, Irjen Pol Setyo Budiyanto

KATANTT.COM--Sejumlah pejabat lingkup Polda NTT mengalami mutasi dan diserahterimakan, Kamis (28/4/2022). Serah terima dan pelantikan dilakukan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, SH, MH, Kamis (28/4/2022) di lantai III Polda NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto mengingatkan bahwa serah terima jabatan bukan seremonial belaka tetapi ada makna yakni history pejabat lama akan menempati jabatan baru dan merupakan momentum sakral.

"Ini jadi sejarah bahwa pernah ada di tempat ini dilanjutkan dengan perubahan dan transformasi," ujarnya.

Setyo Budiyanto berpesan agar perubahan yang baik ditingkatkan karena masing-masing individu mempunyai taktik yang berbeda.

Juga ada harapan di tempat tugas yang baru untuk mengikuti pendidikan dan bisa juga untuk promosi ke jabatan yang baru.

Diingatkan pula soal kesinambungan sehingga tidak berhenti dan tidak meninggalkan hal negatif tetapi ada kesinambungan. Serah terima jabatan juga adalah pengalihan tanggungjawab dari pejabat lama ke pejabat baru.

"Tanggungjawab ada di pejabat baru sehingga bisa melaksanakan tupoksi dengan maksimal dan baik, yang penting dilakukan untuk sebuah kebaikan dan kemajuan organisasi maka laksanakan tapi ada rambu-rambunya, porsi harus jelas," tandasnya.

Pelantikan juga karena ada kepercayaan pimpinan untuk menduduki jabatan maka harus dijaga, karena ada sumpah dan janji.

Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto minta pejabat baru agar tunggakan, masalah dan tugas yang tertunda dituntaskan terutama masalah penyidikan.

"Jika tidak dituntaskan maka jadi komplain masyarakat dan jadi beban Irwasda dan Kabid propam. Tolong jaga profesionalisme penyidik," tandasnya.

Kepada Kabid Humas diingatkan soal era digitalisasi sehingga Kabid harus menyesuaikan diri dan mengerjakan kan tugas dengan baik. Waka Polda NTT, Kabid Humas, Direktur Reskrimum Polda NTT dan Kapolres Kupang Kota dimutasi.

Mutasi Waka Polda NTT dan para pejabat polda NTT ini tertuang dalam surat keputusan nomor ST/747/IV/Kep/2022 tanggal 13 April 2022 ditanda tangani As SDM Polri, Irjen Pol Drs Wahyu Widada, M.Phil.

Waka Polda NTT, Brigjen Pol Drs Ama Kliement Dwikorjanto, MSi, dimutasi sebagai Pati Itwasum Polda NTT dalam rangka pensiun.

Posisi Waka Polda NTT diisi oleh Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto yang saat ini menjabat sebagai Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri.

Ia juga bukan orang baru di lingkungan Polda NTT. Sebelumnya Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto merupakan mantan Kapolres Sumba Barat dan mantan Kapolres Kupang Kota.

Pejabat lain yang diganti yakni Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto yang saat ini menjabat sebagai Kabid Humas Polda NTT.

Mantan Kapolres TTU, NTT ini ditunjuk menjadi Kapolres Kupang Kota menggantikan AKBP Satrya Perdana P Tarung Binti, SIK yang ditunjuk menjadi Wadir Pamobvit Polda NTT.

Penunjukkan Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto yang juga mantan Wadir Samapta Polda NTT juga seiring dengan kenaikan tipe Polres Kupang Kota dari tipe D ke C sehingga menjadi Polres Kota Kupang.

Waka Polres Kupang Kota, Kompol Iwan Iswahyudi, SPd juga diganti. AKBP Aldinan RJH Manurung, Wadir Resnarkoba Polda NTT dimutasi menjadi Waka Polres Kota Kupang. AKBP Aldinan Manurung sebelumnya merupakan Kapolres Kupang.
Ia baru dua bulan menduduki jabatan Wadir Resnarkoba Polda NTT.

Direktur Reskrimum Polda NTT, Kombes Pol Eko Widodo, SIK, dimutasi sebagai agen Intelijen kepolisian Madya Tk III Baintelkam Polri.

Posisi yang ditinggalkan diisi oleh AKBP Patar Silalahi, SIK yang saat ini menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Sumatera Utara.

Patar Silalahi juga pernah menjabat sebagai kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT, Kapolres Alor dan Wadir Resnarkoba Polda NTT.

Sementara itu AKBP Ariasandy, SIK, Wadir Lantas Polda NTT yang juga mantan Kapolres TTS ditunjuk menjadi Kabid Humas Polda NTT.

FOLLOW US