• Nusa Tenggara Timur

Hilang saat Mencari Ikan, Nelayan di Rote Ndao Ditemukan Meninggal

Imanuel Lodja | Rabu, 06/04/2022 18:47 WIB
Hilang saat Mencari Ikan, Nelayan di Rote Ndao Ditemukan Meninggal Tim Gabungan Basarnas Rote Ndao bersama anggota Polsek Rote Barat dan warga setempat mengevakuasi jenasah nelayan yang hilang saat memancing.

KATANTT.COM--Sehari hilang saat melaut, Eratus Saleh (56), warga RT 006/RW 003, Dusun Sai, Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao akhirnya ditemukan.

Sayang, korban ditemukan sudah tak bernyawa Rabu (6/4/2022) petang sekitar pukul 15.30 wita di perairan laut Sai-Tongga, Kecamatan Rote Barat.

Ia hilangnya saat mencari ikan di Perairan Laut Sai-Tongga, Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao.

Istri korban, Bola Bastian Nggadas (55), sempat mencari korban bersama Semi Haninuna (23) dan Otniel Haninuna (40).

Pada Selasa (5/4/2022), istri korban Bola Bastian Nggadas masih melihat korban Eratus Saleh sementara memperbaiki perahu jenis fiber bantuan NTT Sejahtera di pesisir Pantai Sai, Desa Mbueain.

Lalu sekitar pukul 14.00 wita korban pergi memancing sendiri dengan menggunakan perahu fiber bantuan NTT Sejahtera di Perairan Laut Sai-Tongga, Desa Mbueain.

Namun sekitar pukul 16.00 wita, Otniel dan Semi Haninuna yang baru saja kembali mencari ikan sempat melihat korban sementara memancing di sekitar Perairan Oelolot, Kabupaten Rote Ndao.

Kemudian karena belum pulang dari mencari ikan maka sekira pukul 21.00 Wita, istri korban Bola Bastian Nggadas memberitahukan kepada warga sekitar yang kemudian bersama-sama mencari korban di pesisir pantai Sai-Tongga hingga larut malam namun korban tidak juga ditemukan.

Pada Rabu (6/4/2021) sekira pukul 06.00 wita, Otniel Haninuna mendengar dari para petani rumput laut yang sedang mengikat rumput laut di pesisir pantai Sai bahwa perahu milik korban sudah ditemukan dengan posisi terbalik namun korban tidak ditemukan.

Pihak keluarga meminta bantuan aparat kepolisian dan Basarnas membantu mencari korban.

Rabu (6/42022) korban Eratus Saleh telah ditemukan sekitar pukul 15.30 wita oleh Tim Gabungan Basarnas Rote Ndao, Polsek Rote Barat dan bersama dengan para warga Dusun sai-tongga, telah menemukan korban sudah dalam keadaan meninggal dunia di sekitar Perairan Oelolot.

Korban diduga tenggelam saat memancing ikan di laut dengan menggunakan perahu fiber bantuan NTT Sejahtera.

Tim Gabungan Basarnas Kabupaten Rote Ndao, Polsek Rote Barat dipimpin Kapolsek Rote Barat Ipda Marfilson Petrus, SH bersama warga sempat melakukan upaya pencarian korban di perairan Oelolot dan Sai dengan menggunakan rubber boat.

Jenazah korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan di rumah keluarga korban dan pihak keluarga menerima kejadian tersebut sebagai musibah.

Eratus Saleh, nelayan asal Dusun Sai, RT 006/RW 003, Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, NTT hilang dan diduga tenggelam saat melaut dan mencari ikan sejak Selasa (5/4/2022) pagi.

Diperoleh informasi kalau pada Rabu (5/4/2022) pagi sekitar pukul 10.00 wita, korban pergi dari rumah untuk mempersiapkan perahu untuk pergi mencari ikan di laut.

Sekitar pukul 10.20 wita, warga yang hendak ke kebun masih melihat korban mencari umpan di sekitar pantai untuk pergi memancing.

Pada pukul 12.00 wita, korban pergi mencari ikan sendiri mengunakan perahu viber bantuan Pemerintah Provinsi NTT Sejahtera.

Saat melaut, korban belum makan dan tidak membawa bekal. Korban belum pulang hingga petang dan malam hari.

Pada pukul jam 21.00 wita, istri korban pergi mencari korban di pantai karena korban belum pulang dari pagi dan korban pergi mencari ikan tidak membawa bekal.

Pada pukul 22.00 wita, nelayan yang lain pulang melaut dan mencari ikan. Mereka kemudian membantu istri korban untuk mencari korban tetapi tidak menemukan korban.

Rabu (6/4/2022) pagi sekitar pukul 08.00 wita, warga dan petani rumput laut melihat perahu fiber korban sudah terbalik di wilayah pantai Oelolot Kabupaten Rote Ndao.

Namun korban tidak ditemukan dan diduga korban tenggelam saat mencari ikan. Warga pun berusaha mencari dan meminta bantuan warga yang lain serta aparat kepolisian.

FOLLOW US