• Nasional

GoTo Donasikan 30 Unit Konsektor Oksigen bagi Pemerintah Provinsi NTT

Djemi Amnifu | Jum'at, 04/02/2022 14:11 WIB
 GoTo Donasikan 30 Unit Konsektor Oksigen bagi Pemerintah Provinsi NTT logo_goto


KATANTT.COM--GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, kembali mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan mendonasikan konsentrator oksigen.

Berlandaskan semangat gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. Konsentrator oksigen sendiri adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96%.

GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa yang ditujukan untuk mengembangkan changemakers (pembawa perubahan) dalam menciptakan dampak yang mengakar dan berkelanjutan, menyerahkan 30 unit konsentrator oksigen bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT pada tanggal 4 Februari 2022, yang diterima langsung oleh Josef Nae Soi - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada tahap sebelumnya, GoTo telah menyerahkan juga unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), yang dilanjutkan dengan penyerahan ke Pemprov Jabar, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Bantul, Sleman dan Kulon Progo, Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, Pemkot Malang, Pemprov Bali, Pemprov NTB dan Pemprov Sumbar.

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama, yang diinisiasi oleh GoTo. Gerakan ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan COVID- 19 melalui ekosistem GoTo, dan mendukung masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Hadir dalam acara penyerahan konsentrator oksigen ini Josef Nae Soi - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), M. Chairil - VP Government Relation for Regional Operational Excellence Gojek, Bobby Lianto - Ketua KADIN NTT dan tamu undangan lainnya.

Josef Nae Soi - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) mengatakan, atas nama Pemprov dan rakyat NTT mengucapkan banyak terima kasih dan benar-benar surprise karena sudah diberikan alat konsentrator oksigen yang sangat bermanfaat ini dari GoTo. Hal ini tentunya sangat membantu sekali dalam melayani masyarakat di Rumah Sakit, khususnya di RSUD Prof WZ Johannes - Kupang yang memang menjadi barometer kami dalam menangani pandemi ini.

“Jangan sampai masyarakat yang datang sesak nafas tidak ada alatnya, sehingga kehadiran oksigen konsentrator ini menjadi sangat bermanfaat. Teknisnya pihak RS akan bekerjasama dengan para dokter agar alat ini bisa segera digunakan untuk melayani masyarakat," jelas Jose.

Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho menyampaikan, penanganan COVID-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. "Kami berharap dukungan kami dapat meringankan upaya Pemerintah dalam menanggulangi COVID-19. Donasi konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan COVID-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung Pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan," katanya.

Shinto menambahkan, konsentrator oksigen merupakan salah satu dukungan kami dalam aspek perawatan (treatment), setelah sebelumnya kami telah meluncurkan Rumah Oksigen Gotong Royong yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala ringan.

GoTo mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong sebagai upaya gotong royong di awal gerakan #BangkitBersama. Fasilitas kesehatan semi permanen ini dibangun di Pulogadung, Jakarta Timur, yang merupakan inisiasi dari GoTo, KADIN Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, dan Tripatra Engineers and Constructors, Halodoc beserta Yayasan Anak Bangsa Bisa. ***

FOLLOW US