• Nusa Tenggara Timur

Drama Penyelamatan Siswa SD Setelah 20 Jam Hilang di Sungai dengan Selamat

Imanuel Lodja | Senin, 17/05/2021 19:22 WIB
Drama Penyelamatan Siswa SD Setelah 20 Jam Hilang di Sungai dengan Selamat Senyum bahagia Tim SAR yang berhasil menyalamatkan seorang siswa SD yang hilang saat mandi bersama teman-temannya di Sungai Bileno lewat drama penyelamatan selama hampir 20 jam.

katantt.com--Orang tua siswa sekolah dasar yang hilang di Sungai Bileno boleh menarik nafas lega dan bersujud syukur.

Bagaimana tidak! Leonard Lemeriwa, akhirnya ditemukan, Senin (17/5/2021) setelh melalui drama pencarian selama 20 jam yang berbuah manis.

Pencarian Minggu malam sempat dihentikan lantaran lokasi kejadian yang gelap, sehingga dilanjutkan Senin (17/5/2021) pagi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, Emy Freezer mengatakan, pihaknya menerima laporan masyarakat bahwa, satu orang tergelincir dan tenggelam saat mandi.

Suasana haru menyelimuti keluarga dan tim SAR, karena Leonard Lemeriwa berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Dia terjepit dalam celah batu.

Leonard Lemeriwa (11), siswa Sekolah Dasar (SD) ini ditemukan di lokasi.

Ia hilang di sungai saat mandi, Minggu (16/5/2021) petang.

Warga Kelurahan Babau, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang ini tergelincir dan tenggelam di Sungai Bileno, Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang.

Korban terjatuh saat mandi. Sejumlah rekan korban mengetahui hilangnya korban dan melaporkan ke pihak keluarga.

Keluarga korban pun berusaha mencari korban dan korban diperkirakan tersangkut di dasar dan didalam pusaran air.

Pihak keluarga melalui Berthalina meminta bantuan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang guna melakukan pencarian dan evakuasi korban.

Operasi SAR kondisi membahayakan seseorang tergelincir dan tenggelam di Sungai Bileno Desa Fatukanutu ini dimulai sejak pukul 18.45 Wita.

Pencarian dilakukan pada koordinat 10°11’22.67″S – 123°53’05.36″E dengan jarak dan radial 40,8 kilometer, radial 90° dari KPP Kupang ke lokasi.

Pencarian melibatkan Kantor PDP Kupang, Polsek Kupang Timur, BPBD Kabupaten Kupang, Dinas Sosial Kabupaten Kupang, masyarakat dan keluarga korban.

Petugas menggunakan rescue car 1 unit, truck personil 1 unit, rubber boat 1 init, palsar air (peralatan selam), alat komunikasi (Alkom) dan Pal medis dan palsar pendukung lainnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Emi Frezer menyebutkan pihaknya menerima laporan terkait musibah ini sekitar pukul 17.10 wita.

Pihaknya langsung menerjunkan anggota ke lokasi setelah terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian, BPBD dan dinas Sosial Kabupaten Kupang serta keluarga korban.

“Pencarian pun melibatkan masyarakat dan keluarga korban guna segera menemukan korban,” jelasnya kepada wartawan Minggu (16/5/2021) malam.

Saat pencarian, arah angin timur laut-tenggara dengan kecepatan 6-20 knots dan cuaca di lokasi cerah berawan.

Paur Humas Polres Kupang, Aiptu Lalu Randy Hidayat menyebutkan setelah menerima laporan ini, Polsek Kupang Timur telah ke lokasi kejadian membantu pengamanan dan upaya pencarian.

“Anggota Polsek Kupang Timur sudah ke lokasi kejadian. Kita juga sudah periksa saksi-saksi termasuk kerabat korban yang melihat dan mengetahui peristiwa ini,” tandasnya.

 

FOLLOW US