• Nusa Tenggara Timur

Polisi Bubarkan Pesta Wisuda, Rumah Ketua RW di Kupang Malah Dirusaki

Imanuel Lodja | Minggu, 28/03/2021 14:21 WIB
Polisi Bubarkan Pesta Wisuda, Rumah Ketua RW di Kupang Malah Dirusaki Rumah Ketua RW, Salmon Pandi yang hancur dirusaki sejumlah pemuda di bilangan Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima.

katantt.com--Jajaran Kepolisian Resor Kupang Kota dan Polsek Kelapa Lima membubarkan pesta wisuda, Minggu (28/3/2021) subuh.

Pembubaran pesta wisuda ini dilakukan karena pesta digelar hingga larut malam.

Selain itu Kota Kupang sudah memberlakukan PPKM skala mikro sejak pekan lalu.

Pembubaran acara pesta wisuda dilakukan saat patroli gabungan Satuan Sabhara, Polsek Kelapa Lima, Satuan Intelkam dan Buser Satuan Reskrim Polres Kupang Kota di sekitar Asrama Sambolon, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Saat itu ada pesta wisuda yang dilakukan oleh para mahasiswa asal Kabupaten Alor yang baru selesai diwisuda pada Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Sabtu (27/3/2021).

Polisi dipimpin Waka Polres Kupang Kota Kompol Iwan Iswahyudi, SPd, Kapolsek Kelapa Lima Sepuh A. I. Siregar, SH, SIK, MH dan Kasat Intelkam Polres Kupang Kota AKP Alberto Heru Ponato, SIK, MH melakukan penyisiran di sekitar Kelurahan Oesapa.

Saat menyisir jalan Suratim, Kelurahan Oesapa, Kota Kupang, polisi menemukan satu titik pesta syukuran wisuda di kediaman Yohanis Sally, SE.

Wakapolres Kupang Kota, Kompol Iwan Iswahyudi memberikan himbauan bahwa dalam masa pandemik Covid-19 , Pemkot Kupang telah menerapkan PPKM.

Karena itu, diharapkan kepada para mahasiswa untuk segera membubarkan diri dengan tertib sehingga tidak menganggu masyarakat yang lain beristirahat.

Namun himbauan oleh Polres Kupang Kota mendapat tanggapan kurang baik dari beberapa pemuda yang dikoordinir Gomes.

Kericuhan pun ditenangkan salah satu tokoh pemuda, Obet Maggang yang ikut memberikan himbauan dan menenangkan situasi sehingga patroli gabungan meninggalkan lokasi pesta dan para pemuda masih berkumpul di lokasi.

Setengah jam kemudian pasca polisi pergi, para pemuda bereaksi.

Mereka melempari dan merusaki rumah ketua RW, Salmon Pandi.

Diperoleh informasi kalau pengrusakan ini diduga kuat didalangi Gomes yang mabuk akibat konsumsi minuman keras.

Pengrusakan ini dipicu dendam pribadi antara Gomes dan Ketua RW Salmon Pandi, karena sebelumnya Gomes pernah menjadi korban pengeroyokan yang diduga dilakukan oleh Ketua RW Salmon Pandi sekitar Januari 2021 lalu.

Waka Polres Kupang Kota Kompol Iwan Iswahyudi dan puluhan anggota Polres Kupang Kota dan Polsek Kelapa Lima kembali turun ke lokasi kejadian di rumah Salmon Pandi.

Tim patroli mendapati rumah ketua RW Salmon Pandi dirusaki oleh Gomes, Cs.

Rumah Salmon Pandi mengalami kerusakan yakni kaca jendela rumah bagian depan dan samping pecah, pagar rumah rusak tercabut.

Selain itu, sepeda motor rusak bagian bodi karena dipukul mengunakan batu serta kaca mobil bagian belakang lecet karena dihantam batu.

Polisi terpaksa mengevakuasi ketua RW Salmon Pandi beserta keluarga guna menghindari hal yang lebih buruk.

Polisi kemudian menggelar patroli dan himbauan oleh personil Polres Kupang Kota dan Polsek Kelapa Lima guna mengantisipasi adanya kegiatan pesta wisuda yang dilakukan oleh para pemuda di lokasi tersebut.

Polisi pun masih mencari pelaku pengrusakan rumah Ketua RW, Salmon Pandi.

 

 

FOLLOW US