• Nusa Tenggara Timur

Rumah Warga di Kota Lama Rusak Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang

Imanuel Lodja | Rabu, 13/03/2024 08:40 WIB
Rumah Warga di Kota Lama Rusak Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang Salah satu rumah warga di Kecamatam Kota Lama yang rusak diterjang hujan deras dan angin kencang saat di data anggota Polsek Kelapa Lima.

KATANTT.COM--Bencana alam akibat curah hujan yang tinggi dan angin kencang melanda hampir seluruh wilayah NTT termasuk wilayah Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.

Hingga Selasa (12/3/2024) malam, tercatat sejumlah rumah warga dan beberapa fasilitas rusak akibat hujan dan angin kencang.

Air laut naik hingga ke kantor Camat LLBK dan ke lokasi wisata pantai Teddys Kupang sehingga warga yang biasa berjualan di lokasi wisata tersebut tidak melakukan aktivitas berjualan.

Beberapa warga yang terdampak yakni rumah semi permanen milik Rocky Andri Pau (40) di RT 004/RW 002, Kelurahan Tode Kisar, Kecamatan Kota Lama.

Rumah ambruk pada bagian ruang dapur, kamar mandi dan kamar tidur. Beruntung tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Di Kelurahan Pasir Panjang, kos-kosan milik Elias Ruing di RT 007/RW 003 juga rusak. Tempat kost yang dihuni delapan kepala keluarga ini mengalami ambruk pada pada tembok bagian belakang kos.

"Tidak ada korban jiwa. Namun delapan kepala keluarga juga harus pindah sementara karena kamar kost rusak," ujar Kapolsek Kota Lama, AKP Jemmy O. Noke, SH, Selasa (12/3/2204) malam.

Kerusakan juga terjadi di tempat kost milik Marthen Hadjo di RT 007/RW 003, Kelurahan Pasir Panjang, Kota Kupang yang dihuni oleh delapan kepala keluarga.

Bangunan kost mengalami Ambruk pada tembok bagian belakang sehingga para penghuni kost harus waspada dan mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman.

Kerusakan rumah juga dialami warga di Kelurahan Fatubesi. Di RT 17/RW 04, Kelurahan Fatubesi terdapat 11 kepala keluarga yang terdampak akibat gelombang air laut naik dan masuk hingga ke dalam rumah warga.

Walau tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian material karena sebagian barang di dalam rumah terbawa arus saat air masuk ke dalam rumah warga.

"Dari kejadian di beberapa kelurahan di Kecamatan Kota Lama, tidak terdapat korban jiwa. hanya kerugian material seperti bangunan rumah dan tempat kost yang ambruk serta beberapa barang milik warga terbawa arus," tambahnya.

Untuk sementra para korban bencana di Kelurahan.Pasir Panjang sudah diarahkan pihak Kelurahan agar sementara waktu, para penghuni kost mengungsi sementara ke rumah kerabat atau ke tempat yang lebih aman guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Sementara para warga berdampak di Kelurahan Fatubesi mengungsi ke SD 02 Oeba, Kelurahan Fatubesi hingga kondisi dan cuaca kembali normal.

Hingga saat ini, air laut mulai surut sehingga warga yang terdampak gelombang air laut sudah berusaha melakukan pembersihan dan kembali ke rumah masing-masing.

FOLLOW US