• Nasional

Pemprov NTT Bantu Rp 500 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

Semy Andy Pah | Sabtu, 28/01/2023 08:48 WIB
Pemprov NTT Bantu Rp 500 Juta untuk Korban Gempa Cianjur Wagub NTT, Josef Nae Soi saat menyerahkan bantuan senilai Rp 500 juta kepada Pemprov Jawa Barat yang diterima Wagub Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum bertempat di ruang Lokantara, lantai 1, Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat, Jumat (26/1/2023).

KATANTT.COM--Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyerahkan bantuan senilai Rp 500 juta untuk korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat yang terjadi pada Senin (21/11/2022) silam.

Bantuan ini diserahkan langsung Wagub NTT, Josef Nae Soi kepada Pemprov Jawa Barat yang diterima Wagub Jawa Barat,  H. UU Ruzhanul Ulum bertempat di ruang Lokantara, lantai 1, Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat, Kamis (26/1/2023).

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi NTT, saya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur, bapak Viktor Laiskodat, menyampaikan rasa simpati dan empati kami atas musibah gempa bumi yang menimpa masyarakat Cianjur, Jawa Barat," kata Josef Nae Soi.

Josef menyebut, gempa bumi tersebut, telah meluluhlantahkan hampir seluruh wilayah Cianjur, serta memakan korban jiwa yang sangat banyak. "Kejadian ini menjadi keprihatinan kita bersama. Duka Cianjur adalah duka kita bersama seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Acara ini dihadiri Penjabat Sekda NTT, Johanna E. Lisapaly, SH, MSi, Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Pemerintahan dan Organisasi, Dr. David B. W. Pandie, MS, Asisten III Setda NTT, Semuel Halundaka, SIP, MSi, Kalak BPBD NTT, Ambrosius Kodo, SSos, MM, Kaban Keuangan NTT, Drs. Zakarias Moruk, MM, Karo Adpin Setda NTT, Prisila Q. Parera, SE, Kepala Badan Penghubung NTT di Jakarta, Hendri Donal Izaac, SSos, MSi, dan Severinus Poso, MSi selaku Staf Khusus Wakil Gubernur NTT.

"Kami hadiri disini sekaligus melakukan silaturahmi dengan semua saudara-saudara kami di Provinsi Jabar, khususnya dengan saudara kita yang tertimpa bencana Cianjur kali lalu," ujarnya.

Menurutnya, bencana yang dialami oleh seluruh masyarakat Cianjur, Jabar, juga menjadi bagian dari keprihatinan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya sesama saudara di Nusa Tenggara Timur.

"Kita di Indonesia sudah menjadi satu kesatuan dalam persaudaraan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote Ndao. Sakitnya di Cianjur, maka sakitnya juga sama kami rasakan di NTT," sambungnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian dan bantuan dari masyarakat dan Pemprov. Jabar, dimana 4 April 2021 lalu, NTT tertimpa bencana badai siklon tropis Seroja.

"Kami menyadari dengan sungguh bahwa saat kami tertimpa bencana Seroja dua tahun lalu. Kami juga merasakan dan berterima kasih sekali atas semua perhatian dan kepedulian tulus dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat, yang telah sudi meringankan beban kami, saat kami pun diluluhlantahkan oleh badai siklon tropis Seroja," jelasnya.

Sementara, Wagub Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum menyambut dengan penuh sukacita dan keakraban kunjungan dari Wagub NTT dan rombongan, saat diterima di Gedung Sate Kantor Gubernur Jawa Barat.

"Selamat datang kepada bapak Wagub NTT dan rombongan di Provinsi Jawa Barat. Selamat datang di Gedung Sate salah satu tempat bersejarah dan melegenda yang sangat membanggakan kami serta menjadi ikon Provinsi Jawa Barat," katanya.

"Apa yang terjadi pada hari ini, patut kami syukuri, bahwa dari 37 provinsi di Indonesia, baru lima provinsi salah satunya NTT, yang memberi perhatian besar untuk musibah Cianjur," tambahnya

Ia menyebut ada begitu banyak simpati dan empati dari saudara-saudara di Indonesia, termasuk di NTT, yang sangat memberi perhatian dan dukungan bagi kami sekalian. Inilah semangat gotong royong dalam rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa di Indonesia yang harus saling peduli.

"Kami sangat berterima kasih dan merasa tersanjung, karena ada perhatian besar dari seluruh masyarakat NTT. Ini bukti bahwa semangat persaudaraan tetap kita junjung tinggi bersama, untuk saling meringankan beban penderitaan yang dialami, manakala terjadi bencana," pungkasnya.

Syukur Alhamdulilah, semua proses pemulihan sosial dan ekonomi di Cianjur terus kami kerjakan, mudah-mudahan doa dari kita semua, Cianjur dapat cepat pulih”, respons Wagub Jabar, Ruzhanul Ulum, yang didampingi Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jabar : Dr. Ir. Hj. Rd. Dewi Sartika, M.Si, sembari memberi apresiasi terhadap kerukunan di NTT yang dikenal sebagai Nusa Terindah Toleransinya.

Ia menambahkan bahwa masyarakat Cianjur tetap memohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk dari NTT, karena tanpa dukungan secara menyeluruh maka Cianjur seakan lama untuk cepat pulih.

Bantuan Pemprov NTT ini kata dia, yang dibawa langsung Wagub NTT Josef Nae Soi ini sangat bermakna dan membantu Pemprov Jawa Barat. Karena memang Jawa Barat, termasuk salah satu daerah yang rawan bencana. "Walaupun pada setiap tahun kami anggarkan dana yang cukup besar untuk penanganan bencana, namun itupun masih terasa kurang," ujarnya. 

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya 2004-2009 ini juga menyampaikan salam hormat untuk Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan seluruh masyarakat NTT, dan terus mendoakan agar proses pembangunan di NTT tetap berjalan lancar menuju kemajuan dan kesejahteraan.

FOLLOW US