• Nusa Tenggara Timur

Sertijab Lingkup Polres Kupang, Kapolres Titip Pengamanan Pilkades 76 Desa di Kabupaten Kupang

Imanuel Lodja | Sabtu, 03/09/2022 06:19 WIB
 Sertijab Lingkup Polres Kupang, Kapolres Titip Pengamanan Pilkades 76 Desa di Kabupaten Kupang Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto saat memimpin serah terima jabatan sejumlah perwira lingkup Polres Kupang, Jumat (2/9/2022).

KATANTT.COM--Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto, SIK, MH, memandu serah terima jabatan sejumlah perwira lingkup Polres Kupang, Jumat (2/9/2022). Mereka yang dilantik dan diserahterimakan masing-masing Waka Polres, Kapolsek Kupang Tengah, Kapolsek Kupang Timur, Kapolsek Takari, Kapolsek Semau dan penyerahan jabatan Kasat Resnarkoba.

Kepada para pejabat baru, Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto menitipkan sejumlah pesan terutama masalah pemilihan kepala desa secara serentak pada 76 desa di Kabupaten Kupang.

Kapolres Kupang menyebutkan kalau serah terima jabatan merupakan hal luar biasa karena pejabat yang bergeser dari Polres Kupang mendapat promosi yang lebih tinggi. "Sertijab ini bukan hal biasa tapi hal luar biasa," tandas Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto.

Mantan Kapolres Sumba Barat ini menyebutkan pula kalau situasi Kamtibmas Polres Kupang hingga saat ini aman, sejuk dan kondusif namun tetap perlu perhatian serius.

Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto menilai kalau pejabat Waka Polres Kupang yang lama sudah berbuat banyak termasuk Kasat Lantas telah berinovasi dan membuat terobosan sehingga kamseltibcar Lantas di Kabupaten Kupang berjalan dengan baik. Para kapolsek juga selama sudah menjaga situasi dan kondisi di wilayah sehingga sangat kondusif.

Orang nomor satu di Polres Kupang ini mendoakan bahwa pengalaman-pengalaman saat bertugas di Polres Kupang bisa membantu di tempat yang baru. Kepada Waka Polres yang baru, Kasat Lantas dan para Kapolsek agar mengenali karesteristik dan personil.

Kepada para perwira yang baru dilantik, Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto mengingatkan soal Pilkades serentah pada akhir bulan Oktober dengan tahapan yang sudah berjalan dari masa kampanye, masa tenang dan pencoblosan pada 76 desa.

Kapolsek diminta melakukan mapping dan pendataan, menjalin hubungan kemitraan dan menjaga kekompakan. "Siapapun pejabat baru maka anggota harus loyal dan bantu dalam pelaksanaan tugas kepolisian di Polres Kupang," ujar Kapolres Kupang.

Para pejabat yang dilantik yakni Iptu Yohana Endah Neno dari Direktorat Lalu Lintas Polda NTT menjadi Kasat Lantas Polres Kupang menggantikan pejabat lama AKP Nyimas Sophia, SIK, yang dimutasi menjadi Kaur Ren Subbag Renmin Ditlantas Polda NTT.

Kompol Andri Setiawan, SH, SIK, yang saat ini menjabat sebagai Kasubbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda NTT dan mantan Kapolsek Kelapa Lima, Polresta Kupang Kota ditunjuk menjadi Waka Polres Kupang.

Pejabat Waka Polres Kupang yang lama, Kompol Tri Joko Biyantoro, SSos, dimutasi sebagai Kabag Binopsnal Ditresnarkoba Polda NTT.

Jabatan Kapolsek Kupang Tengah dipercayakan kepada Ipda I Nyoman Gurina Mariana, SH, MH, yang saat ini menjabat sebagai kapolsek Takari. Pejabat lama Iptu Elpidus Kono Feka, SSos, dimutasi ke Direktorat Reskrimum Polda NTT.
Ipda Ilham Gesta Rahman ditunjuk menjadi Kapolsek Takari.

Iptu Danje Buu, Kapolsek Semau dimutasi menjadi Kasat Samapta Polres Malaka dan diganti ole Iptu Viktor A. Nenotek yang selama ini bertugas di bidang Humas Polda NTT.

Kapolsek Kupang Timur, Iptu Victor Hari Saputra, SPi, MSi, ditunjuk menjadi Kasat Resnarkoba Polres Lembata. Penggantinya di Polsek Kupang Timur adalah Iptu Djoni Frans Lapuisaly dari Biro Ops Polda NTT.

Iptu Djoni Boro, SH, Kasat Resnarkoba Polres Kupang dimutasi menjadi Kasat Reskrim Polres Malaka mengganti Iptu Zainal Arifin Abdurahman yang pindah ke Satuan Intelkam Polresta Kupang Kota.

FOLLOW US