• Nusa Tenggara Timur

Ganti Rugi Kasus Montara Belum Dibayar, YPTB Minta Maurice Blackburn Bayar sebelum Natal

Reli Hendrikus | Senin, 11/12/2023 07:18 WIB
Ganti Rugi Kasus Montara Belum Dibayar, YPTB Minta Maurice Blackburn Bayar sebelum Natal Ketua YPTB, Ferdi Tanoni saat berada di Kantor Pengacara Maurice Blackburn di Sydney-Australia beberapa waktu lalu.

KATANTT.COM--Hingga Desember 2023, ganti rugi kasus Montara belum juga dibayar meski Pengadilan Federal Australia sejak Mei 2023 sudah memerintah agar dana kompensasi tersebut disalurkan ke 15.456 petani rumput laut di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao.

Hal ini mengundang reaksi keras Ketua Yayasan Peduli Timor Barat, Ferdi Tanoni yang mendesak Kantor Pengacara Maurice Blackburn dan Bank BRI agar segera menyalurkan dana tersebut sebelum hari raya Natal 25 Desember 2023.

"Saya minta Maurice Blackburn dan Bank BRI segera membayar ganti rugi dana kompensasi kasus Montara bersama bunga-nya kepada 15.456 petani rumput laut di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao sebelum hari Natal," tegas Ferdi Tanoni yang adalah Anggora Satuan Tugas Montara dalam suratnya yang diterima media ini, Minggu (10/12/2023).

Ferdi Tanoni mengklaim sebagai reresentasi dan otoritas Pemerintah Republik Indonesia yang secara resmi khusus dalam Penyelesaian Kasus Tumpahan Minyak Montara di Laut Timor sejak tahun 2009 hingga saat ini.

Menurut Ferdi Tanoni, sejak tanggal 10 Mei 2023 telah menyurati Maurice Blackburn Lawyers dan BRI Pusat dan BRI Cabang Kupang serta Pengadilan Federal Australia di Sydney agar dana kompensasi tersebut segera dicairkan.

Surat tersebut kata Ferdi Tanoni juga dikirim kepada Ketua Pengadilan Federal Australia dengan berbagai lampiran-nya dan ditembuskan kepada Maurice Blackbur Lawyers dan BRI bolak balik.

"Tolong dengarkan dan menjawab surat-surat kami tersebut dan komunikasikan bersama kami dan hanya kami sajalah adalah representasi dan otoritas khusus Pemerintah Republik Indonesia yang resmi dalam kasus ini," tegasnya lagi.

Ia berharap agar kasus ini harus diselesaikan dengan cara damai dan beradab, jika tidak ingin agar masalah ini diselesaikan dengan cara lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kebenaran apakah ketika kami menyatakan tentang kebenaran ini harus dijadikan musuh oleh bersama oleh Maurice Blackburn Lawyers dan BRI," tanya Ferdi Tanoni.

"Ya....kebenaran mungin bisa ditipu dan dicurangi akan tetapi tidak akan bisa mengalahkannya," sambungnya.

Mantan agen imigrasi Australia ini mengingatkan kepada Maurice Blackburn dan BRI bahwa tinggal 15 hari lagi para petani rumput laut di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao penerima dana kompensasi Kasus Montara ini akan merayakan hari raya Natal

"Kami tegaskan kembali agar egera melakukan pendistribusian dana kompensasi Kasus Montara kepada 15.456 petani rumpuit laut sebelum hari raya Natal," pungkasnya.

FOLLOW US