• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Ajak Pegadaian Kolaborasi Kembangkan Program TJPS dan Tenun Ikat

Semy Andy Pah | Minggu, 12/02/2023 10:16 WIB
 Gubernur NTT Ajak Pegadaian Kolaborasi Kembangkan Program TJPS dan Tenun Ikat Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat menerima kunjungan Direktur Umum PT Pegadaian Pusat, Gunawan Sulistyo, dan juga Pimpinan Pegadaian Wilayah NTT yakni Deputi Bisnis Area Kupang, Anwar di ruang kerjanya, Jumat (10/2/2023).

KATANTT.COM--Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengajak Pegadaian untuk berkolaborasi bersama pemerintah Daerah untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di sektor peternakan, pertanian, pariwisata dan UMKM.

Permintaan tersebut disampaikan orang nomor satu di NTT ini saat menerima kunjungan Direktur Umum PT Pegadaian Pusat, Gunawan Sulistyo, dan juga Pimpinan Pegadaian Wilayah NTT yakni Deputi Bisnis Area Kupang, Anwar di ruang kerjanya, Jumat (10/2/2023).

Pegadaian sendiri merupakan sebuah lembaga keuangan yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya berupa pembiayaan kredit kepada masyarakat dalam bentuk penyaluran dana dengan jumlah yang relatif kecil maupun jumlah yang besar atas dasar gadai, juga sebagai jasa titipan, jasa taksiran.

"Saat ini kita Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan membangun Program TJPS Pola Kemitraan dengan melibatkan Perbankan, TNI dan Polri, Pihak Swasta, dan juga BPJS (asuransi ketenagakerjaan) serta kelompok masyarakat (petani jagung)," ungkapnya.

Jadi kata Viktor, selayaknya ekosistem program TJPS Pola Kemitraan ini diharapkan selain dibantu pihak Perbankan yang melakukan pembiayaan berbasis KUR untuk petani jagung maka Pegadaian juga bisa melakukan hal tersebut selain bergerak dari usaha jasa gadai.

"Jadi bukan hanya saja lewat perbankan tetapi Pegadaian juga terlibat sehingga program ini semakin kuat dan mampu terus meningkatkan ekonomi masyarakat kita," pinta Viktor.

Menurut Viktor, Program TJPS ini sudah berjalan baik di beberapa kabupaten dan hasilnya sangat bagus untuk ekonomi masyarakat NTT. Kini banyak masyarakat terlibat dan juga banyak lahan yang awalnya kosong kini sudah banyak yang dipakai para petani dalam program TJPS ini.

Mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR RI ini memberi apresiasi kepada Kantor Pegadaian Cabang Kupang atas inovasi memberikan jaminan kredit berupa tenun ikat.

"Kita berikan apresiasi karena Kantor Pegadaian Cabang Kupang menerima tenun ikat sebagai jaminan kredit. Ini juga berlandaskan karena di NTT banyak sekali kain adat tenun ikat yang bernilai ekonomis tinggi dan sebagai bagian dari kekayaan intelektual. Ini juga bisa merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan UMKM tenun ikat," bebernya.

Sementara itu, Direktur Umum PT Pegadaian Pusat, Gunawan Sulistyo juga menuturkan siap ikut mendukung perkonomian NTT dengan mempromosikan hasil UMKM. "Kita akan bantu juga pasarkan hasil dari UMKM Produk kelor seperti teh kelor yang akan kita bantu promosikan dan pasarkan di kafe dan kedai," janji Gunawan Sulistyo.

FOLLOW US