• Bisnis

Produk UMKM NTT Dipamerkan di Ajang Exotic Tenun Fest 2022 Kerjasama BI-Bank NTT

Semy Andy Pah | Sabtu, 09/07/2022 22:11 WIB
 Produk UMKM NTT Dipamerkan di Ajang Exotic Tenun Fest 2022 Kerjasama BI-Bank NTT Kepala BI Kantor Perwakilan NTT, I Nyoman Ariawan Atmajabersama Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, Ketua KADIN NTT, Bobby Lianto saat menghadiri Pre Iven Exotic Tenun Fest 2022 di Lippo Mall Kupang, Sabtu (9/7/2022).

KATANTT.COM--Dalam rangkaian kegiatan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Bank NTT ke-60 pada tanggal 17 Juli 2022 nanti, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama dengan Bank NTT menggelar Pre Iven Exotic Tenun Fest 2022 di Lippo Mall Kupang, Sabtu (9/7/2022).

Kepala BI Kantor Perwakilan NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan bahwa Exotic Tenun Fest 2022 dibagi dalam tiga iven besar yakni pre ivent dengan menggandeng Bank NTT bersama UMKM binaan bank milik pemerintah daerah tersebut, serta Dekranasda dan Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Menurut I Nyoman, kegiatan pre-ivent ini diisi dengan sejumlah kegiatan yang pesertanya mengenakan produk tenun NTT yakni lomba moderen dance, lomba mewarnai untuk siswa TK dan SD, lomba video promosi UMKM, lomba video pendek UMKM digital.

"Dalam lomba mewarnai tersebut ini untuk menumbuhkan rasa cinta dan apresiasi kepada tenun NTT termasuk kriya dan kuliner, yang ada di Kota Kupang marilah kita menjaga agar di NTT banyak sukan dengan tenun juga kuliner," katanya.

Ada juga lomba InQRIS yang bertujuan menambah user QRIS di NTT yang baru mencapai 34.000 user sampai Mei 2022. BI menargetkan 344.000 user QRIS sampai Desember 2022.

Sementara Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho menjelaskan dalam kegiatan ini produk yang dipamerkan berasal dari UMKM hasil binaan Bank NTT.

"Untuk itu pula turut dipamerkan mulai dari tenun ikat, hasil olahan marungga dan sorgum seperti moringa cookies dan sorgum cookies, dendeng abon sapi, teh moringa dan kopi," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa dalam iven ini juga menyaring semua keluhan-keluhan konsumen untuk diperbaiki dan ditingkatkan sehingga ke depan tidak saja memenuhi kebutuhan konsumen di Kota Kupang, tetapi juga pada pasar di daerah lain bahkan luar negeri.

"Semua pihak bisa dapat memberikan kekuatan kepada UMKM di NTT seperti yang sudah dilakukan oleh Kadin NTT, dalam waktu Kadin akan mengekspor produk UMKM ke negara lain," ujarnya.

FOLLOW US