Pantau Ujian Calon Taruna Akpol, Wakapolda NTT Tegaskan Jangan Percaya Calo

Imanuel Lodja | Rabu, 08/05/2024 20:23 WIB

Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol Awi Setiyono mengecek dan mengawasi ujian psikologi seleksi penerimaan terpadu calon Taruna dan taruni (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) TA 2024. Wakapolda NTT, Brigjen Pol Awi Setiyono mengecek dan mengawasi ujian psikologi seleksi penerimaan terpadu calon Taruna dan taruni (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) TA 2024 di SMA Negeri 3 Kupang, Rabu (8/5/2024).

KATANTT.COM--Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol Awi Setiyono mengecek dan mengawasi ujian psikologi seleksi penerimaan terpadu calon Taruna dan taruni (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) TA 2024.

Ujian psikologi dilakukan pada Rabu (8/5/2024) di SMA Negeri 3 Kupang menggunakan sistem CAT. Sebanyak 66 orang peserta terdiri dari 61 orang peserta pria dan 5 orang wanita.

Wakapolda NTT Brigjen Pol Awi Setiyono didampingi Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Satrya Yusada, Katim Psikologi yang juga Direktur Polairud Polda NTT, Kombes Pol Irwan Deffi Nasution dan Kabag Psikologi Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chismawan serta Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT selaku sekretaris Panda Polda NTT, AKBP Sajimin.

Wakapolda NTT, Brigjen Pol Awi Setiyono mendatangi tiga ruang laboratorium yang dipakai para peserta. Jenderal bintang satu ini berinteraksi dengan peserta untuk mengetahui kesiapan mereka dalam mengikuti proses tes psikologi.

Baca juga :

Kepada para peserta, Wakapolda TT, Brigjen Pol Awi Setiyono berpesan untuk mengikuti proses seleksi dengan sungguh-sungguh. "Percaya pada kemampuan diri sendiri, serta terus belajar dan berlatih. Jangan percaya dengan bujuk rayu pihak lain yang menjanjikan kelulusan. Kalian pasti bisa apalagi sudah melakukan persiapan dan mengikuti Bimbel," tegasnya.

Kunjungan Wakapolda NTT, Brigjen Pol Awi Setiyono ini untuk memastikan semua berjalan dengan lancar, tidak ada kecurangan, serta diikuti dengan baik oleh seluruh peserta.

"Silakan mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh dan semangat, untuk panitia agar melaksanakan tugas sesuai ketentuan," tambahnya.

Pelaksanaan seleksi ini mengikuti prinsip-prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (Betah) yang diawasi oleh pengawas internal dan eksternal.

Tes psikologi dilakukan melalui sistem CAT dan pola one day one service. Hasil tes langsung diketahui oleh peserta melalui sistem komputerisasi.

Seluruh rangkaian tes diawasi oleh pengawas internal dari Itwasda dan Bidpropam Polda NTT, serta pengawas eksternal dari Himpunan Sarjana Psikologi Indonesia (HIMPSI) NTT dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang.

TAGS : Wakapolda NTT Pantau Seleksi Catar Akpol