• Nusa Tenggara Timur

Gerbong Mutasi di Tubuh Polda NTT, Mulai Dari Wakapolres, Kabag Ops Sampai Kasat

Imanuel Lodja | Selasa, 12/03/2024 09:27 WIB
Gerbong Mutasi di Tubuh Polda NTT, Mulai Dari Wakapolres, Kabag Ops Sampai Kasat ilustrasi

KATANTT.COM--Sejumlah perwira dan anggota Polri di Polda NTT dan Polres jajaran dimutasi ke satuan kerja yang lain. Mutasi ini tertuang dalam surat keputusan Kapolda NTT nomor Kep/142/III/2024 tanggal 9 Maret 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda NTT dan ST/142/III/Kep/2024 tanggal 11 Maret 2024.

Wakapolres Manggarai Barat, Kompol Budi Guna Putra, SIK, dimutasi sebagai Kasubbag Mutjab Bagian Binkar Biro SDM Polda NTT bertukar posisi dengan Kompol Libartino, SH, SIK.

Kompol Handres, SH, SIK, yang saat ini menjabat sebagai PS Kasubdit 2 Dit Reskrimum Polda NTT menjadi PS Kasubdit 3 Dit Resnarkoba Polda NTT. Sementara Kompol Rachmat Muchamad Salihi, SIK, MH, yang saat ini menjabat sebagai Kasubdit 2 Dit Resnarkoba Polda NTT dimutasi sebagai Kasubdit 2 Dit Reskrimum Polda NTT.

AKP Sudirman yang saat ini menjabat sebagai Kanit 1 Sat PJR Dit Lantas Polda NTT ditunjuk menjadi PS Kasat Lantas Polresta Kupang Kota mengisi posisi yang ditinggalkan Kompol Imanuel Zacharias yang purna tugas sejak 1 Maret 2024 lalu.

Kabag Ops Polresta Kupang Kota, Kompol Joni Frans Manoa Sihombing, SE, SIK, dimutasi sebagai Kasubbag Anev Bag Binopsnal Dit Pamobvit Polda NTT. Jabatan yang ditinggalkan dipercayakan kepada Kompol Oktovianus Wadu Ere, SH, yang saat ini menjabat sebagai Kasubdit I Dit Reskrimum Polda NTT.

Kompol Edy, SH, MH, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Alak, Polresta Kupang Kota ditunjuk menjadi PS Kasubdit 1 Dit Reskrimum Polda NTT. Sementara AKP Marselus Yugo Amboro, SIK, yang saat ini menjabat sebagai Kanit 1 Subdit 1 Dit Reskrimum Polda NTT ditunjuk menjadi Kapolsek Alak.

AKP Djoni Boro, SH yang saat ini menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres TTU dimutasi sebagai Paur Subbag Minopsnal Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda NTT. Ia diganti oleh Iptu Muhammad Lutdpi Asyiran, STrK, yang saat ini menjabat sebagai Kaur Bin Opsnal Satreskrim Polres TTU.

Jabatan Kasat Reskrim Polres Kupang juga dimutasikan dari pejabat lama Iptu Elpidus Kono Feka, SSos, yang dimutasi sebagai PS Panit 2 Bag Wassidik Ditreskrimum Polda NTT dan diganti oleh Iptu Yeni Setiono, SH yang saat ini menjabat sebagai PS Kasat Resnarkoba Polres TTU.

Iptu Markus Tameno, Wakapolsek Amanuban Selatan, Polres TTS ditunjuk menjadi Kasat Resnarkoba Polres TTU. Kasat Intelkam Polres Kupang, Iptu Soleman Kolloh dimutasi ke Bag Ops Polres Sabu Raijua. Ia diganti oleh Iptu Misbar yang saat ini menjabat sebagai Panit 3 Subdit 2 Dit Intelkam Polda NTT.

AKP Stevenson A. Bessie, SH, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Alor Timur Laut, Polres Alor dimutasi sebagai Kabag SDM Polres Manggarai Timur dan diganti oleh Ipda Gunawan, SH, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Alor Timur, Polres Alor. Jabatan Kapolsek Alor Timur diisi oleh Ipda Richardus Niewandi Nyomeo,SH yang saat ini menjabat sebagai Kaurbinopsnal Satpolairud Polres Alor.

Iptu Lino De Jesus Fransisco yang saat ini menjabat sebagai PS Kasat Lantas Polres Ngada dimutasi ke Bagops Polres Belu. Jabatan yang ditinggalkan diisi oleh Iptu Irmawan Pujianto yang saat ini bertugas di Bagian SDM Polres Manggarai Timur.

Kasat Lantas Polres Manggarai Timur, Iptu Gundolfus Diaz juga dimutasi ke Dit Pam Obvit Polda NTT. Ia diganti oleh Iptu Sadikin yang saat ini bertugas di Bag Ops Polres TTU.
AKP Muhamad Nawawi, PS Kabag Ops Polres Sabu Raijua dimutasi ke DIt Binmas Polda NTT.

Kompol I Wayan Sunarta, Kapolsek Borong dimutasi ke Dit Binmas Polda NTT dan jabatan yang ditinggalkan diisi oleh AKP David Neto yang saat ini bertugas di Dit Samapta Polda NTT.

Kasat Polairud Polres Rote Ndao, Ipda I Nyoman Bagia Utama dimutasi ke Dit Polairud Polda NTT. Demikian pula AKP Yosef Suyitno Solo Liur yang menjabat sebagai Kasat Polairud Polres Lembata ditarik ke Dit Polairud Polda NTT. Belum ada pejabat pengganti untuk dua jabatan ini.

Sejumlah bintara tinggi Satuan Brimob Polda NTT juga dimutasi ke Dit Intelkam Polda NTT dan ke Polres jajaran. Selain itu, Ipda Muhammad Hibban Yanhasdin, STrL, Kaur Bin Ops Sat Lantas Polres TTS yang sempat viral karena selisih paham dengan anggota TNI saat operasi lalu lintas pekan lalu ditarik ke Biro SDM Polda NTT.

Ipda Krispianus Ola Komek, PS Kapolsek Sabu Timur, polres Sabu Raijua dimutasi ke SPKT Polres Sabu Raijua dan diganti oleh Ipda Mustarif Ibrahim yang saat ini merupakan perwira di Polres Sabu Timur.

Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Satrya Yusada yang dikonfirmasi Selasa (12/3/2024) membenarkan adanya mutasi ini sebagai bentuk penyegaran dalam institusi.

FOLLOW US