• Nusa Tenggara Timur

Pemkot Kupang Kirim Kontingen STG XI Tahun 2023

Semy Andy Pah | Selasa, 07/11/2023 06:44 WIB
Pemkot Kupang Kirim Kontingen STG XI Tahun 2023 Penjabat Wali kota Kupang, Fahrensy Funay yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega saat melepas kontingen STG XI di aula Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Senin (30/10/23). 


KATANTT.COM--Pemerintah Kota Kupang melepas kontingen peserta kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) XI tahun 2023. STG adalah even tiga tahunan umat Budha berskala nasional, berupa ajang untuk menunjukan keterampilan baca kitab suci, olah seni, olah suara dan budaya keagamaan Budha.

Kota Kupang merupakan satu-satunya pemerintah daerah di NTT yang memberikan dukungan kepada warganya yang beragama Budha untuk mewakili NTT mengikuti kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha tingkat Nasional.

Kontingen STG XI Kota Kupang dilepas oleh Penjabat Wali kota Kupang, Fahrensy Funay yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH, bertempat di aula Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Senin (30/10/23). 

Ignatius Lega menegaskan bahwa STG merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan serta memberikan kesadaran kepada generasi muda khususnya umat Budha yang hidup di era milenial akan pentingnya memahami kitab suci Tripitaka sebagai pegangan hidup.

Di antaranya adalah dengan menunjukkan keterampilan membaca kitab suci, olah seni, olah suara dan budaya keagamaan Budha. Selain itu, kegiatan seperti ini menurutnya dapat juga dimanfaatkan sebagai media untuk melestarikan dan mengembangkan seni keagamaan bagi umat Budha.

Untuk itu Ignas minta agar kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk lebih menggelorakan komitmen umat Budha, terutama kaum muda, guna senantiasa menjadikan nilai-nilai agama (Tripitaka) sebagai soko guru dalam mewujudkan masyarakat sejahtera dan bahagia, baik lahir maupun batin.

Dia berharap kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha ini dapat meningkatkan  iman dan takwa sebagai landasan terbentuknya karakter dan akhlak yang mulia yang merupakan modal dasar bagi pemuda Budha dalam hidup berbangsa dan bermasyarakat.

Kepada para peserta STG asal Kota Kupang Ignas Lega berharap agar mereka dapat menampilkan suatu yang benar-benar berkualitas, menjunjung tinggi sportivitas  dan patut untuk dijadikan tontonan yang menghibur.

Selamat berlomba. Ingatlah bahwa meraih kemenangan itu penting, namun yang terpenting adalah bagaimana saudara-saudara menampilkan suatu yang benar-benar berkualitas, menjunjung tinggi sportivitas  dan patut untuk dijadikan tontonan yang menghibur, sehingga mengharumkan nama kota Kupang di level nasional,” pesannya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) NTT, Indra Efendi, SE,  menjelaskan, Swayamvara Tripitaka Gatha merupakan even tahunan yang dilaksanakan setiap tahun.

Namun untuk Kota Kupang sendiri tahun ini (2023) adalah pertama kalinya umat Budha yang ada di Kota Kupang mengikuti kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) di tingkat Nasional. Hal ini karena adanya  dukungan dari Pemerintah Kota Kupang.

Menurut Efendi, untuk saat ini Pemerintah Kota Kupang merupakan satu-satunya Pemerintah Daerah di NTT yang memberikan dukungan kepada umat Budha untuk mewakili Nusa Tenggara Timur pada kegiatan Swayamvara Tripitaka Gatha tingkat Nasional.

Oleh karena itu, atas nama umat Budha Nusa Tenggara Timur khususnnya di Kota Kupang, Efendi menyampaikan apresiasi  dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Kupang yang di tengah-tengah keterbatasan bisa memperhatikan umat Budha di kota ini.

"Atas nama umat Budha di Kota Kupang, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Kupang yang sudah mendukung kami untuk bisa mengambil bagian dalam Swayamvara Tripitaka Gatha tingkat Nasional Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 5 November 2023 di Magelang Jawa Tengah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Wali Kota Kupang Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Matheus Benediktus Lalek Radjah, SH, MHum, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Kupang, Djoni D. Bire, SH, dan Pejabat Pembimbing Masyarakat Budha dari Kantor Kementerian Agama Kota Kupang.

FOLLOW US