• Nasional

Somasi YPTB tak Dijawab, Maurice Blackburn Janji Bayar Dana Kompensasi 9 Oktober

Semy Andy Pah | Jum'at, 22/09/2023 05:44 WIB
Somasi YPTB tak Dijawab, Maurice Blackburn Janji Bayar Dana Kompensasi 9 Oktober Inilah surat dari Kantor Pengacara Maurice Blackburn di Sydney-Australia kepada para kepala desa di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao tertanggal 20 September 2023 yang diperoleh media ini, Kamis (21/9/2023).

KATANTT.COM--Sudah tiga kali surat somasi dilayangkan Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) kepada Kantor Pengacara Maurice Blackburn namun tak dijawab. Kini, Kantor Pengacara Maurice Blackburn malah berjanji membayar dana kompensasi ganti rugi kepada 15.000 petani rumput laut di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao pada tanggal 9 Oktober 2023 mendatang.

Kepastian pembayaran dana kompensasi ini terungkap dalam surat dari Kantor Pengacara Maurice Blackburn di Sydney-Australia kepada para kepala desa di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao tertanggal 20 September 2023 yang diperoleh media ini, Kamis (21/9/2023).

Dalam surat tersebut Maurice Blackburn menyatakan dengan senang hati menginformasikan kepada para aparat desa bahwa pihaknya (Maurice Blackburn) hampir siap untuk mulai melakukan pembayaran kompensasi kepada para petani anggota penggugat.

Pihaknya (Maurice Blackburn) tengah menyiapkan pendistribusian kompensasi membutuhkan banyak pekerjaan yang rumit.
Diantaranya mengatasi masalah dengan bank penyalur (BRI) telah memakan waktu karena Maurice Blackburn, BRI dan Greg Phelps (Pak Greg) serta Tim NTT ingin memastikan bahwa proses pembayaran ganti rugi berjalan dengan lancar, efisien dan aman.

"Kami ingin memastikan bahwa pembayaran kepada anggota penggugat (para petani rumput laut) setinggi mungkin
dengan cara menekan biaya distribusi. Kami telah mencari cara yang terbaik untuk mencapai hal tersebut. Kalian juga tahu bahwa kami perlu meluangkan waktu dan tindakan ekstra untuk menjaga agar uang kompensasi tetap aman dari campur tangan pihak luar dan tindakan korupsi," tulis Maurice Blackburn dalam surat tersebut.

Maurice Blackburn juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan banyak pekerjaan untuk memeriksa dan enyelesaikan informasi petani rumput laut, untuk memastikan bahwa informasi tersebut seakurat dan semutakhir
mungkin.

"Kami sangat berterima kasih kepada para aparat desa yang telah membantu mengumpulkan sejumlah besar kartu tanda penduduk (KTP) baru yang penting untuk pembukaan rekening bank baru dan kesuksesan proses pembayaran ganti rugi," tulis Maurice Blackburn.

Maurice Blackburn juga menjelaskan bahwa besaran ganti rugi dihitung berdasarkan pendapatan yang hilang yang dialami oleh setiap desa. Perhitungan ini didasarkan pada informasi produksi rumput laut tahunan dan harga rata-rata antara tahun 2007 dan 2015, yang disediakan oleh desa kalian pada Formulir V2 di tahun 2016
atau 2017 ketika timnya pak Greg berkunjung ke desa kalian untuk pendaftaran.

"Perhitungan ini memberitahukan kami porsi dana penyelesaian ganti rugi yang dialokasikan untuk setiap
desa. (Mohon untuk diingat, tentu saja, dana penyelesaian hanya mencakup sebagian dari pendapatan bapak/ibu yang hilang; karena pengadilan tidak menerima semua kerugian dan perlu berkompromi dalam mediasi untuk mencapai penyelesaian," jelas Maurice Blackburn dalam surat tersebut,

Pihaknya menghitung bagian tiap-tiap petani rumput laut dari jumlah produksi desa berdasarkan berapa banyak rumput laut yang dihasilkan oleh petani rumput laut pada tahun 2008 yang sesuai dengan Formulir V3. Tiap-tiap petani rumput laut akan menerima jumlah kompensasi (ganti rugi] yang berbeda-beda, tergantung pada volume produksi rumput laut tahun 2008 seperti yang tercantum dalam Formulir V3.

Metode perhitungan ganti rugi ini telah dipertimbangkan oleh Pengadilan Federal di Sydney dan Hakim memutuskan bahwa metode ini adil dan masuk akal untuk dibagikan kepada para petani rumput laut. Metode ini merupakan perintah dari Pengadilan dan merupakan satusatunya cara yang diizinkan untuk menghitung dan membayar ganti rugi.

"Kami berharap untuk bisa mulai melakukan pembayaran selama seminggu mulai hari Senin, tanggal 9 Oktober, atau di minggu berikutnya. Pak Greg akan menghubungi kalian tentang tanggal pertemuan di desa kalian," tulis Maurice Blackburn.

 

FOLLOW US