• Nusa Tenggara Timur

Tokoh Masyarakat Belu Apresiasi Paket Roman Maju Independen Pilkada 2024

Yansen Bau | Selasa, 14/05/2024 18:53 WIB
Tokoh Masyarakat Belu Apresiasi Paket Roman Maju Independen Pilkada 2024 Tokoh masyarakat Kabupaten Belu, JT. Ose Luan

KATANTT.COM---Tokoh masyarakat Belu, JT. Ose Luan mengutarakan jika dua figur Hironimus Mau Luma dan Theodorus F. Seran Tefa yang kini berjuang dan telah mendapat dukungan masyarakat untuk tampil di pentas politik pada perhelatan Pilkada Belu 2024 sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu melalui jalur independen perlu diberikan apresiasi.

Meskipun tahapan verifikasi oleh KPU sedang berjalan, namun ketika dinyatakan lolos dan memenuhi syarat untuk ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih pemimpin Kabupaten Belu.
Maka itu merupakan sebuah langkah maju bagi tatanan dan perkembangan demokrasi di wilayah Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Timor Leste.

"Iya, mereka (Roni-Theo) telah menempuh langkah itu dengan kerja keras dan susah payah, bukan gampang. Saya melihat bahwa niat mereka untuk menuju kesana itu (Pilkada), sungguh serius. Mereka punya keberanian yang sangat tinggi. Mereka tidak patah arah walaupun kesulitan mereka itu ada. Semangat ini perlu kita beri apresiasi," kata dia Ose saa ditemui media di kediamannya, Senin (13/5/2024).

Lebih lanjut Ose Luan, yang cukup berpengalaman di dunia birokrasi dan pernah menjabat Wakil Bupati kala itu mendampingi Willybrodus Lay sebagai Bupati Belu periode 2016-2021 menilai banyak generasi mudah yang bisa diandalkan tapi tidak miliki keberanian untuk tampil dalam kontestasi politik pilkada Belu.

"Ada banyak orang mudah yang mau maju, tapi tidak berani. Kalau mereka dua memang punya keberanian untuk maju dan sudah sampai pada tingkat dinyatakan memenuhi syarat dan diterima oleh KPU, itu artinya mereka punya keberanian untuk maju dengan mendapat dukungan dan simpatik dari hati rakyat," ujar dia.

Ose Luan menyakini dengan dukungan yang memenuhi dan bahkan melebihi syarat yang ditentukan oleh KPU itu bisa lolos dari verifikasi. Sebagaimana diketahui dukungan minimal yang disyaratkan oleh aturan KPU sebanyak 16.131 dukungan. Sementara yang diserahkan oleh Paket Roman ke KPU melebihi syarat tersebut yakni sebanyak 18.751 dukungan

"Saya melihat ada keberanian dari mereka dua untuk mempersiapkan diri maju melalui jalur itu," puji Ose Luan.

Ketika disinggung soal dirinya yang disebut-sebut kalangan masyarakat sebagai salah satu figur yang diharapkan untuk ikut perhelatan Pilkada 2024, dia menepis bahwa dirinya tidak lagi memiliki niat untuk ikut bertarung karena berbagai alasan termasuk faktor usia.

"Kalau untuk itu, saya sudah tidak mau lagi. Bagaimana saya maju, di Partai saja saya tidak daftar. Saya sudah tua, kita berikan kesempatan untuk yang lain terutama yang masih mudah-mudah untuk memimpin daerah ini," pungkas mantan Sekda Belu itu.

FOLLOW US