• Nusa Tenggara Timur

Komodo dari Taman Safari Bogor Dikembalikan ke Habitat Asli di Taman Nasional Komodo

Imanuel Lodja | Kamis, 10/08/2023 09:46 WIB
Komodo dari Taman Safari Bogor Dikembalikan ke Habitat Asli di Taman Nasional Komodo Komodo.(foto: ©travelaja.com)

KATANTT.COM--Sebanyak enam ekor Komodo yang selama ini dilepas di Taman Safari, Cisarua-Bogor, akan dikembalikan ke habitat aslinya di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT, Arief Mahmud menyebutkan, pengembalian enam ekor Komodo ke habitat aslinya akan dilakukan pada 15 Agustus mendatang, menggunakan maskapai Garuda Airlines.

"Kami merencanakan akan memulangkan Komodo dari Taman Safari pada tanggal 15 Agustus 2023. Jumlahnya ada enam ekor, untuk dilepasliarkan kembali di habitat aslinya di Taman Nasional Komodo (TNK)," ungkapnya, Kamis (10/8/2023).

Menurut Arief Mahmud, ini merupakan pemulangan pertama kalinya Komodo dari lokasi pengembangbiakan di luar kawasan yang dilakukan oleh pihak konservasi dalam hal ini Taman Safari. "Enam Komodo ini berusia enam tahun," ujarnya.

Hal ini dilakukan sebagai kewajiban antara lembaga konservasi dan para penangkar, yang memelihara satwa liar untuk mengembalikan atau reintroduksi ke habitat aslinya.

"Nah salah satu yang nantinya dilakukan adalah Komodo. Sebenarnya tidak hanya Komodo, tapi satwa liar lainnya yang dilakukan pengembangbiakan juga diwajibkan untuk reintroduksi, sebagai upaya pemulihan populasi di alam," tutup Arief Mahmud.

FOLLOW US