• Nusa Tenggara Timur

Dua Warga Timor Leste Terdampar di Tanjung Bastian Kabupaten TTU

Imanuel Lodja | Jum'at, 19/05/2023 16:16 WIB
Dua Warga Timor Leste Terdampar di Tanjung Bastian Kabupaten TTU Dua warga negara asing asal negara Timor Leste yang terdampar di Tanjung Bastian, Kabupaten Timor Tengah Utara dijemput anggota Polsek Insana Utara, Rabu (17/5/2023).

KATANTT.COM--Dua orang warga negara asing asal negara Timor Leste terdampar di Tanjung Bastian, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT pada Rabu (17/5/2023). Kedua warga negara Timor Leste ini yakni Jose Lopes (33) dan Adelino De Sousa (38). Keduamya merupakan warga Distrik Oecussie negara Timor Leste.

Jose Lopes mengaku kalau pada Selasa (16/5/2023) ibersama saudara sepupunya Adelino De Sousa mencari ikan di laut menggunakan perahu. Mereka berlayar mencari ikan di wilayah Maubara, Oecussie/Timor Leste. Saat ia menarik pukat, posisi Jose berada di pinggir perahu sebelah kanan sehingga keseimbangan perahu tidak stabil dan perahu terbalik.

Setelah itu, Jose dan Adelino berusaha membalikkan perahu namun gagal. Keduanya berupaya meminta bantuan tetapi tidak ada perahu lain yang ada di sekitar mereka.

Jose dan Adelino tidak bisa berbuat banyak dan hanya bersandar di badan perahu menunggu bantuan perahu lain. Pada saat menunggu bantuan, perahu tersebut diseret arus ombak sehingga memasuki wilayah negara Indonesia dan terdampar di wilayah megara Indonesia.

Keduanya tetap berusaha membalikkan perahu dengan memotong pukat yang masih berada di balik perahu kemudian keduanya berhasil membalikkan perahu tersebut. Jose dan Adelino mencoba menghidupkan mesin motor yang ada di perahu.

Namun karena mesin motor perahu sudah terendam air laut maka mesin motor tidak bisa dihidupkan lagi. Keduanya kemudian menggunakan dayung manual dengan kayu dan sudah berada di wilayah negara Indonesia. Mereka kemudian ke tepi pantai dan bertemu warga di sekitar pantai untuk meminta bantuan.

Jose dan Adelino menceritakan kepada warga yang membantu kalau keduanya dari Timor Leste dan terdampar. Pada Rabu (17/5/2023) malam, Kanit Reskrim Polsek Insana Utara mendapat informasi bahwa dua warga Timor Leste Terdampar di negara Indonesia.

Kapolsek Insana Utara, Ipda Beggie Fernando Putra Pratama, STrK, bersama anggota menuju ke rumah yang menampung 2 warga Timor Leste dan membawa kedua warga Timor Leste ke Polsek Insana Utara untuk diperiksa. "Kedua warga Timor Leste telah diamankan di Polsek Insana Utara dalam keadaan aman dan sehat," ujar Kapolsek Insana Utara, Ipda Beggie Fernando Putra Pratama.

FOLLOW US