• Nusa Tenggara Timur

Jalan Longsor Tergerus Banjir, Warga di Lima Desa di Kupang Barat Terancam Terisolir

Imanuel Lodja | Minggu, 05/02/2023 03:34 WIB
Jalan Longsor Tergerus Banjir, Warga di Lima Desa di Kupang Barat Terancam Terisolir Lokasi tanah longsor saat dipantau Camat Nekamese, Yosua Boraa dan Kapospol Nekamese, Aipda Donsius M. M. Dadi Haga, Sabtu (4/2/2023).

KATANTT.COM--Tanah longsor akibat curah hujan berkepanjangan juga melanda beberapa wilayah di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bencana alam ini menyebabkan ruas jalan yang menghubungkan 5 desa di bagian selatan Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sabtu (4/2/2023) sekitar pukul 10.00 wita di terjadi longsor di RT 09/RW 05, Desa Oemasi, Kecamatam Nekamese, Kabupaten Kupang. Jalur di lima desa bagian selatan yang terdampak masing-masing Desa Oenif, Desa Usapisonbai, Desa Taloitan, Desa Bone dan Desa Tasikona.

Saat ini jalan sudah terputus total dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4. Jalur longsor hanya bisa dilewati warga menggunakan jalan kaki. Akses jalan yang terputus akibat tanah longsor tersebut sepanjang kurang lebih 150 meter.

Akses jalan tersebut adalah akses satu - satunya jalan yang dilewati oleh ke 5 warga desa untuk melakukan aktivitas ke kota Kupang guna berjualan hasil pertanian di pasar. Lokasi tanah longsor tersebut dipantau Camat Nekamese, Yosua Bora`a, SE, dan Kapospol Nekamese, Aipda Donsius M. M. Dadi Haga, SH.

"Akses jalan tersebut adalah akses satu-satunya bagi ke 5 warga desa bagian selatan Kecamatan Nekamese untuk melakukan aktivitas bepergian ke pasar guna menjual hasil pertanian untuk peningkatan ekonomi dan apabila akses jalan tersebut tidak diperbaiki maka ke 5 desa tersebut akan terisolir dan tidak dapat melakukan aktibitas harian karena hanya bisa dilewati harus berjalan kaki," kata Kapospol Nekamese, Aipda Donsius M. M. Dadi Haga, SH, Sabtu (4/2/2023) malam.

FOLLOW US