• Nusa Tenggara Timur

Pakai Sepeda Motor, Kapolres Kupang Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Imanuel Lodja | Senin, 07/11/2022 13:55 WIB
Pakai Sepeda Motor, Kapolres Kupang Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak Kapolres Kupang, AKBP FX. Irwan Arianto di Makopolres Kupang sesaat sebelum memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) di Kabupaten Kupang yang berlangsung Senin (7/11/2022) menggunakan sepeda motor trail.

KATANTT.COM--Kapolres Kupang, AKBP FX. Irwan Arianto, SIK, MH, memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) di Kabupaten Kupang yang berlangsung Senin (7/11/2022) menggunakan sepeda motor trail.

Kapolres Kupang bersama 12 anggota Polres Kupang menggunakan sepeda motor trail keluar dari Mako Polres Kupang pada pukul 10.00 Wita dan langsung menuju ke tempat pemilihan di Desa Mata Air dan Desa Penfui Timur.

Di dua desa di Kecamatan Kupang Tengah tersebut Kapolres Kupang, AKBP FX. Irwan Arianto memantau jalannya pemilihan.

Kapolres Kupang, AKBP. FX. Irwan Arianto juga menyapa warga yang sedang menunggu giliran menggunakan hak pilih. Dalam pantauan tersebut, Irwan memastikan seluruh pengamanan terhadap jalannya pemilihan berjalan dengan aman dan tertib.

Menurut Irwan pemantauan menggunakan sepeda motor dengan cara trabas agar desa-desa yang tidak bisa lalui menggunakan kendaraan roda empat pun bisa dipantau. "Jadi memang menggunakan sepeda motor lebih efektif, agar desa yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat bisa dijangkau," ujarnya.

Ia menjelaskan pemantauan ini untuk memastikan pelaksanaan pilkades di 74 desa Kabupaten Kupang berlangsung aman, tertib dan damai. Irwan mengimbau agar masyarakat juga bisa turut menjaga keamanan selama berlangsungnya pilkades dan menggunakan hak suaranya.

"Saya himbau agar masyarakat bisa memanfaatkan hak suara untuk memilih kepala desa," kata Irwan.

Ia mengatakan masyarakat tidak perlu takut untuk datang ke tempat pemilihan. Karena aparat kepolisian menjamin keamanan masyarakat.

Pemantauan yang dilakukan ini ujar Irwan, agar masyarakat lebih merasa tenang dan tidak kuatir untuk datang ke tempat pemilihan. Ia mengatakan agar jangan sampai ada perorangan atau kelompok yang mau membuat keonaran. "Akan kita tindak tegas dan terukur, jika ada yang coba-coba membuat keonaran," tegasnya.

Kapolres menjelaskan dan meminta masyarakat agar tetap hargai setiap perbedaan pilihan. "Pilihan boleh berbeda tapi persaudaraan harus terus terjaga," kata Irwan.

Menurut Irwan, seluruh personil yang melakukan pengamanan juga telah berada di tiap tempat pemilihan. "Kalau anggota yang melakukan pengamanan sudah berada di tempat pemilihan masing-masing," kata Irwan.

Usai melakukan pemantauan di Desa Mata Air dan Penfui Timur, Kapolres Kupang AKBP. FX. Irwan Arianto melanjutkan pemantauan di Desa Oemasi Kecamatan Nekamese, Desa Manulai I dan Bolok di Kecamatan Kupang Barat.

FOLLOW US