• Nusa Tenggara Timur

NTT Dilanda Suhu Dingin, Kabupaten Manggarai Mencapai 10 Derajat Celsius

Imanuel Lodja | Selasa, 26/07/2022 11:37 WIB
NTT Dilanda Suhu Dingin, Kabupaten Manggarai Mencapai 10 Derajat Celsius ilustrasi_dingin

KATANTT.COM--Suhu dingin masih melanda sebagian besar wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Suhu paling dingin di wilayah Kabupaten Manggarai yakni 10 derajat celcius," ujar Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nanik Tresnawati, Selasa (26/7/2022).

Suhu terdingin itu terjadi pada Minggu (24/7/2022) kemarin. "Itu catatan kita dalam dua pekan terakhir. Yang paling terendah itu kemarin," ujarnya.

Nanik menyebut, untuk suhu paling rendah selama dua minggu terakhir, berkisar antara 17-20 derajat celcius merata di hampir seluruh wilayah NTT.

Suhu tersebut lanjut Nanik, bisa lebih dingin lagi, mengingat puncak musim dingin akan terjadi di bulan Agustus 2022 mendatang.

Selain Ruteng, sejumlah wilayah lainnya juga terasa dingin seperti di Bajawa, Kabupaten Ngada yakni 14 derajat celcius dan Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yakni 16 derajat celcius.

Sedangkan Kota Kupang dan kabupaten lainnya berkisar antara 17-22 derajat celcius.

"Suhu dingin masing-masing wilayah berbeda. Tergantung dari kondisi topografi masing-masing wilayah itu sendiri,"kata Nanik.

Menurut Nanik, suhu dingin disebabkan karena kurangnya tutupan awan yang mengakibatkan tidak tertahannya radiasi matahari yang diterima pada saat siang hari.

Selain itu lanjut dia, wilayah NTT yang berdekatan dengan negara Australia yang saat ini sedang mengalami musim dingin secara tidak langsung berdampak dan memengaruhi suhu yang ada di NTT.

"Wilayah NTT saat ini mengalami angin timuran yang bersifat dingin dan kering," kata dia.

Diperkirakan suhu dingin ini puncaknya pada musim kemarau yakni bulan Agustus mendatang.

FOLLOW US