Ungkap Sebab Kebakaran Kantor Perbenihan Dinas Pertanian NTT, Polisi Datangkan Tim Labfor Polri

Imanuel Lodja | Sabtu, 04/05/2024 12:35 WIB

Penyidik Sat Reskrim Polresta Kupang Kota memeriksa sejumlah saksi terkait kebakaran gedung Kantor UPT Perbenihan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi NTT. Gedung Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar pada Kamis (2/5/2024).

KATANTT.COM--Penyidik Sat Reskrim Polresta Kupang Kota memeriksa sejumlah saksi terkait kebakaran gedung Kantor UPT Perbenihan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi NTT.

"Sudah 10 orang saksi yang kita mintai keterangan," ujar Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Aldinan RJH Manurung saat dikonfirmasi Jumat (3/5/2024).

Saksi yang diperiksa antara lain orang yang mengetahui dan melihat kejadian kebakaran tersebut. Polresta Kupang Kota juga mendatangkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri untuk membantu melakukan olah tempat kejadian perkara. "Kita minta tim Labfor Polri untuk melakukan olah TKP lanjutan di lokasi kejadian," tambah mantan Wadir Resnarkoba Polda NTT ini.

Penyidik juga berusaha mengungkap penyebab kebakaran ini. "Hingga saat ini belum dipastikan sumber api dan penyebab kebakaran karena masih menunggu hasil Labfor untuk disandingkan dengan hasil olah TKP yang sudah dilakukan Polresta," ujar mantan Kapolres Kupang ini.

Baca juga :

Namun dugaan kuat kalau sumber api berasal dari rumah dinas yang kosong hingga merambat ke bangunan gedung kantor. Gedung kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) perbenihan milik Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar pada Kamis (2/5/2024).

Gedung yang terletak di Jalan Alfons Nisnoni, Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang ini terbakar sekitar pukul 08.30 wita. Diperkirakan sumber api dari rumah dinas Pertanian di lokasi tersebut hingga merambat ke bangunan kantor.

Api menghanguskan seluruh dokumen dan alat serta mesin pertanian (Alsintan). Sejumlah bahan kimia pun ikut terbakar. Kendaraan roda dua dan roda empat pun ikut terbakar sehingga menimbulkan beberapa kali bunyi ledakan saat api membesar.

TAGS : Polresta Kupang Kasus Kebakaran Kantor Perbenihan