1 Batalyon Satgas Pamtas RI-RDTL dari Mataram dan Bukit Barisan Jaga Perbatasan RI-Timor Leste

Imanuel Lodja | Senin, 02/10/2023 12:40 WIB

Sebanyak 735 personil Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dari Yonif 742/Satya Wira Yudha Mataram, dan Yonkaf 6/Naga Karimata Kodam 01 Bukit Barisan tiba di Kupang, Minggu (1/10/2023). Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang saat menerima 735 personil Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dari Yonif 742/Satya Wira Yudha Mataram, dan Yonkaf 6/Naga Karimata Kodam 01 Bukit Barisan di Mako Lantamal VII Kupang, Minggu (1/10/2023).

KATANTT.COM--Sebanyak 735 personil Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dari Yonif 742/Satya Wira Yudha Mataram, dan Yonkaf 6/Naga Karimata Kodam 01 Bukit Barisan tiba di Kupang, Minggu (1/10/2023).

Penerimaan dipimpin Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang di Mako Lantamal VII Kupang, Minggu (1/10/2023).

Febriel Buyung Sikumbang menyebutkan, sebanyak 735 personil tersebut terdiri dari 350 personil dari Yonif
742/Satya Wira Yudha Mataram, dan 350 personil dari Yonkaf 6/Naga Karimata Kodam 01 Bukit Barisan. "Sisanya diperkuat Satgas Intel serta Satgas Bantuan," jelasnya.

Febriel Buyung Sikumbang mengatakan, Yonif 742/Satya Wira Yudha Mataram akan bertugas menjaga perbatasan sektor Timur yang meliputi Kabupaten Belu dan Malaka.

Baca juga :

Sedangkan Yonkaf 6/Naga Karimata Kodam 01 Bukit Barisan, akan bertugas di Sektor Barat yang meliputi Kabupaten TTU dan sekitarnya.

"Kita terima, selanjutnya akan dilepas ke sektor pengamanan masing-masing. Satgas yang lama akan dikembalikan ke induk pasukan yakni Yonif 744 akan kembali ke markasnya di Atambua, dan Yonkaf 10 akan dikembalikan ke Mako Induk di Kodam 11 Hasanuddin," katanya.

Tugas-tugas priorotas yang akan dilakukan di sektor masing-masing adalah menjaga tapal batas, mencegah pelintas batas ilegal maupun penyelundupan ilegal.

"Tugas utama lain adalah melakukan pembinaan teritorial kepada masyarakat yang berada di wilayah perbatasan, sehingga masyarakat memiliki rasa kecintaan terhadap NKRI," ujarnya.

Karena menurut Febriel Buyung Sikumbang, apabila rasa kecintaan itu tumbuh, maka masyarakat secara mandiri akan menjadi pagar hidup di wilayah perbatasan.

"Personil Satgas Pamtas juga juga akan berusaha meningkatkan dan ikut memberdayakan ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan," tambahnya.

"Sehingga taraf hidup mereka lebih baik sehingga rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap NKRI itu akan tumbuh dengan sendirinya. Mereka akan bertugas di sektor masing-masing selama satu tahun kedepan," tutup Febriel Buyung Sikumbang.

 

TAGS : Danrem 161 Wira Sakti Satgas Pamtas