Mudahkan Layanan Kredit, Bank NTT Hadirkan Jaringan Kantor Fungsional Bank NTT Moni

Djemi Amnifu | Selasa, 12/04/2022 08:30 WIB

Sebagai pelopor penggerak ekonomi pada sektor UMKM, PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT kembali menghadirkan Kantor Fungsional Bank NTT Moni di Desa Moni Kecamatan Moni, Kabupaten Ende. Bupati Ende, Djafar Achmad didampingi Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho menyerahkan Kredit Mikro Merdeka kepada pelaku UMKM.

KATANTT.COM--Sebagai pelopor penggerak ekonomi pada sektor UMKM, PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT kembali menghadirkan Kantor Fungsional Bank NTT Moni di Desa Moni Kecamatan Moni, Kabupaten Ende.

Kantor Fungsional Bank NTT Moni diresmikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Bupati Ende, Djafar Achmad didampingi Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, Senin (11/4/2022).

Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho kepada wartawan mengatakan dengan pengresmian Jaringan kantor Fungional Bank NTT Moni maka sudah ada 222 jaringan Bank NTT untuk seluruh wilayah NTT. Sementara untuk wilayah Kabupaten Ende, kantor fungsional Bank NTT Moni adalah jaringan yang ke-14.

Menurut Alex, akrab disapa, kehadiran Kantor Fungsional Bank NTT Moni, seturut dengan Undang-Undang Perbankan maupun Peraturan OJK, yang mana mengatur bahwa yang disebut bank umum konvensional ada beberapa kategori yakni kantor pusat, kantor cabang, kantor cabang pembantu dan kantor fungsional.

Baca juga :

“Seiring dengan peraturan OJK yang baru maka tidak ada lagi kantor kas dan Kantor Unit Simpan Pinjam Desa (USPD). Kantor fungsional itu berfungsi untuk melakukan intermediasi bank yaitu menghimpun dan menyalurkan dana,” jelas Alex.

Kehadiran kantor Bank NTT dalam skala fungsional jelas Alex lagi, selaras dengan dengan program Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yakni membangkitkan UMKM yang ada di setiap daerah di NTT. Kehadiran kantor fungsional Bank NTT salah satu fungsi intermediasinya adalah menyalurkan kredit pada sektor UMKM.

“Pandemi telah membuktikan bahwa UMKM telah teruji memiliki daya tahan, daya tumbuh dan daya saing untuk menopang pembangunan ekonomi di Kabupaten Ende, Provinsi NTT bahkan Indonesia. Kehadiran bank ini bagi pemerintah memiliki dua fungsi yaitu fungsi untuk mengendalikan dan fungsi untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi dan kekuatan ekonomi,” katanya.

Bagi masyarakat kata Alex Riwu Kaho, kehadiran kantor fungsional bank NTT adalah pendekatan pelayanan dalam jasa perbankan. Demikian juga dalam dunia usaha, tentu kehadiran bank di sebuah wilayah akan sangat membantu dalam mengakses keuangan.

“Pembangunan akan berjalan dengan baik jika ada kolaborasi dan partisipasi semua pihak dalam memanfaatkan berbagai potensi yang ada dalam sebuah daerah,” sambung Alex.

“Kita memiliki tekad yang kuat agar Bank NTT akan hadir di setiap titik yang potensional untuk membantu akselerasi gerakan kebangkitan NTT menuju sejahtera," ujarnya.

Selain itu Alex menambahkan, bahwa hal ini akan tercapai apabila semua pihak, yakni masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan perbankan bersama-sama bekerja keras dan bekerja cerdas sehingga apa yang menjadi mimpi bersama yakni NTT Bangkit, NTT Sejahtera akan tercapai.

TAGS : Bank NTT Jaringan Kantor Fungsional UMKM