• Nusa Tenggara Timur

Gerbong Mutasi Mulai Bergerak, Empat Perwira Polda NTT Dimutasi

Imanuel Lodja | Jum'at, 26/01/2024 08:17 WIB
 Gerbong Mutasi Mulai Bergerak, Empat Perwira Polda NTT Dimutasi ilustrasi

KATANTT.COM--Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi jabatan ratusan perwira menengah dan perwira tinggi Polri. Mutasi jabatan 211 personel Polri itu tertuang dalam empat dokumen surat telegram (ST) Kapolri.

Pada surat telegram bernomor ST/170/I/KEP./2024 tanggal 23 Januari 2024 tertuang daftar 15 personel yang dimutasi yang rata-rata merupakan jenderal bintang tiga sebanyak satu orang, jenderal bintang dua sebanyak tiga orang, jenderal bintang satu sebanyak tiga orang dan perwira berpangkat Kombes delapan orang yang segera memasuki masa purna tugas.

Terdapat nama mantan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, yang saat ini menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Misinter Divhubinter menjadi Pati DIvhubinter Polri dalam rangka pensiun per 1 Februari 2024.

Ada pula nama Irjen Pol Tabana Bangun yang pernah menjabat Karo SDM Polda NTT dan saat ini menjabat sebagai analis kebijakan utama bidang STIK Lemdiklat Polri dimutasi sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun.

Kemudian pada ST/171/I/KEP./2024 tanggal 23 Januari 2024 tercatat 87 personel yang dimutasi. Salah satu nama yang ada dalam keputusan tersebut adalah Kombes Pol Jules Abraham Abast, SIK yang saat ini merupakan analis kebijakan madya Penmas Div HUmas Polda ditunjuk menjadi Kabid Humas Polda Jawa Barat.

Kombes Pol Jules Abraham Abast pernah menjadi Kabid Propam Polda NTT, Kapolres Manggarai Barat dan Kabid Humas Polda NTT. Lalu pada surat telegram nomor ST/172/I/KEP./2024 tanggal 23 Januari 2024, ada sebanyak 91 personel yang dimutasi.

Dalam surat tersebut ada empat perwira Polda NTT yang juga dimutasi, Kombes Pol Halasan Roland Situmeang, SIK MH yang saat ini menjabat sebagai Kabidkum Polda NTT dimutasi sebagai Analis kebijakan madya bidang hukum Div Hukum Polri.

Posisi Kabid Hukum Polda NTT dipercayakan kepada Kombes Pol Taufik Irpan Awaludin, SH, MH, yang saat ini menjabat sebagai Auditor kepolisian Madya TK III Itwasda Polda NTT.

Kapolri pun menunjuk AKBP Achmad Muzayin, SIK yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binkar Biro SDM Polda NTT sebagai Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda NTT.

Mantan Kapolres Ende ini bakal naik pangkat menjadi Komisaris Besar (Kombes) Polisi. Kombes Pol Jan Wynand Imanuel Makatita, SIK yang saat ini menjabat sebagai Direktur Intelkam Polda NTT pindah sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Posisi yang ditinggalkan diisi oleh Kombes Pol Surisman, SIK, MH, yang saat ini menjabat sebagai Kasubdit Kejahatan Umum Dit Kamneg Baintelkam Polri.

Terakhir di ST/173/I/KEP./2024 tanggal 23 Januari 2024 sebanyak 19 personel dimutasi dalam berbagai jabatan.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy, SIK, membenarkan adanya mutasi beberapa perwira di Polda NTT ini. "Ya benar, mutasi dan rotasi dilakukan untuk meningkatkan kapasitas personel Polri dan pengembangan karier," ujarnya.

FOLLOW US