• Nusa Tenggara Timur

Dua Hari Menghilang, Warga China Ditemukan Tewas di Perbatasan RI-Timor Leste

Imanuel Lodja | Jum'at, 15/12/2023 14:30 WIB
Dua Hari Menghilang, Warga China Ditemukan Tewas di Perbatasan RI-Timor Leste Jenazah WNA asal China berisial Wu Mian, saat dievakuasi dari di kawasan hutan di Dusun Webenahi, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu yang merupakan wilayah perbatasan antara RI dan Timor Leste, Kamis (14/12/2023).

KATANTT.COM--Wu Mian (53), seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China ditemukan tewas di kawasan hutan di dusun Webenahi, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu merupakan wilayah perbatasan antara RI dan Timor Leste, Kamis (14/12/2023).

Mayat pria WNA asal China ini ditemukan oleh Dantim Satgas SGI Letda Inf Fransciscus Jullius dan Danpos Salore Letda Inf. Admiral Muhammad Alghanivi bersama warga.

Sebelumnya, Wu Mian yang berasal dari Kota Sichuan, China ini dilaporkan hilang pada Selasa (12/12/2023) sekitar pukul 16.00 waktu Timor Leste.

Korban hilang kontak saat sedang membantu pemerintah Timor Leste melakukan penelitian terkait migas di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan begara Timor Leste.

Namun sudah lebih dari dua hari tidak ada kabar dan tidak bisa dihubungi hingga ditemukan tewas di dalam jurang dalam kawasan hutan.

Laporan kehilangan berasal dari Direktur Intelijen Timor yang menginformasikan hilangnya WNA asal China yang sedang melakukan penelitian tambang di wilayah Kowa, tepatnya di daerah Railulik, Distrik Bobonaro.

Berdasarkan informasi tersebut maka pada Rabu (13/12/2023) sejak pukul 09.00 wita hingga pukul 16.30 wita, dilakukan pencarian namun tidak ditemukan. Pencarian dilanjutkan pada Kamis (14/12/2023) pagi hingga siang.

Personil TNI dan Polri di perbatasan dan warga membantu mencari korban dengan mengikuti jejak kakinya.

Setelah dilakukan pencarian, sekitar pukul 11.35 Wita, korban ditemukan dalam kondisi terlentang dan tidak menggunakan baju dan sepatu. Saat ditemuman wajah korban sudah dikerumuni lalat.

Di lokasi tempat korban ditemukan atau kurang lebih pada jarak 8 meter ditemukan 1 buah handphone merk Ipone, sepatu, tas, linggis dan kaca mata yang diduga milik korban.

Kasi Humas Polres Belu, AKP I Ketut Karnawa yang dikonfirmasi Jumat (15/12/2023) membenarkan kejadian ini. "Awalnya hilang kontak dan sudah dilakukan pencarian sejak Rabu dan dilanjutkan pada Kamis hingga ditemukan," ujarnya.

Polisi pun mengamankan dan melakukan olah TKP. Juga mengamankan barang bukti dan mengevakuasi korban.

FOLLOW US