• Nusa Tenggara Timur

Kisah Inspiratif Kapospol KP3 Laut Lewoleba Budidaya Ikan Nila

Imanuel Lodja | Sabtu, 02/12/2023 17:47 WIB
Kisah Inspiratif Kapospol KP3 Laut Lewoleba Budidaya Ikan Nila Kapospol KP3 Laut Lewoleba, Bripka Yonas Magang Sauw saat memberikan ikan nila peliharaannya di kolam.

KATANTT.COM--Sebuah kisah inspiratif datang dari seorang anggota Polres Lembata, Nusa Tenggara Timur. Adalah Bripka Yonas Magang Sauw, Kapospol KP3 Laut Lewoleba tak sekadar menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi.

Yonas juga membawa semangat kreativitas dan kepedulian yang tinggi dalam membantu masyarakat merintis dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terinspirasi wejangan bijak sang ayah, Yonas membawa misi luhur untuk senantiasa berkontribusi kepada sesama dimana pun dia berada.

Di Desa Nuba Mado, Kecamatan Nubatukan, bersama Theo, seorang warga yang penuh semangat, mereka memulai budidaya ikan nila di lahan yang subur, sekaligus menjadi cikal bakal harapan bagi kemajuan ekonomi masyarakat setempat.

Pada awal Agustus 2023, Yonas dan Theo mulai membangun lima kolam untuk pembibitan dan pembiakan ikan Nila. Yonas dan Theo sukses mengubah lahan itu menjadi pangkalan pembibitan ikan Nila.

Proses pembiakan dimulai pada awal September 2023, dan hasilnya melebihi harapan. Kini, lebih dari seribu anakan ikan Nila berkembang dengan sangat baik.

"Puji Tuhan, proses pembibitan dan pembiakan berjalan sangat baik. Kami sudah memiliki lebih dari seribu anakan. Tahap perkembangannya terus berjalan," kata Yonas, Sabtu (2/12/2023).

Usaha ini tak hanya sekadar usaha UMKM, melainkan wujud kepedulian dan inovasi yang memantik inspirasi masyarakat sekitar. Yonas bermimpi agar inisiatifnya itu menjadi sumbangsih teladan bagi rekan-rekan sejawat di kepolisian.

Ia mengajak mereka untuk bersatu, memberikan dampak positif di tengah masyarakat, terutama dalam mendukung UMKM dan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan visi pemerintah, dan juga merupakan Program Polri.

"Semoga kegiatan kami mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mendorong roda ekonomi mereka," ucap Yonas dengan penuh semangat.

Perjalanan ini bukan sekadar tentang Yonas. Theo, pemilik lahan yang turut serta, menaruh harap besar pada dukungan lebih lanjut, terutama dari pemerintah.

"Saya berharap ada dukungan lebih lanjut dari pemerintah, agar kita dapat lebih baik menata kolam-kolam ini agar lebih kokoh dan terhindar dari bencana banjir," ungkap Theo, melukiskan harapannya untuk keberlanjutan usaha.

Yonas Magang Sauw dan usaha budidaya ikan nila di Lewoleba bukan sekadar kisah tentang budidaya ikan air tawar, melainkan sebuah epik tentang inspirasi, kerjasama, dan harapan.

FOLLOW US