• Nusa Tenggara Timur

Pemerintah Kota Kupang Gelar Koepan Festival 2024

Reli Hendrikus | Selasa, 23/04/2024 08:08 WIB
Pemerintah Kota Kupang Gelar Koepan Festival 2024 Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay saat membuka Koepan Festival yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-139 Kota Kupang dan HUT Otonomi Daerah ke- 28 diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Kupang di alun-alun Kota Kupang, Senin (22/4/2024) malam.

KATANTT.COM--Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kupang ke-139 dan HUT ke 28 Kota Kupang sebagai Daerah Otonom yang diperingati setiap tanggal 25 April 2024 nanti, terasa berbeda.

Sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Kupang dan HUT Otonomi Daerah diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kupang. Kemeriahan itu nyata pada penyelenggaraan Koepan Festival bertempat di alun-alun Kota Kupang, Senin (22/4/2024).

Koepan Festival ini diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Kupang selama dua hari dari 22-23 April 2024. Apalagi acara ini dibuka Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE, MSi, yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Noldy Pellokila jajaran Forkopimda Kota Kupang, perwakilan Bank NTT, jajaran Pemerintah Kota Kupang, camat dan undangan lainnya.

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, menjelaskan Kota Kupang sebagai ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang dengan penduduk multi kultur yang terdiri atas 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan, Kota Kupang menjadi rumah bagi 465.637 jiwa yang berasal dari berbagai etnis, suku yakni Timor, Rote, Sabu, Flores, Tionghoa serta etnis Nusantara lainnya, yang dimana hal ini memiliki kekuatan tersendiri bagi sektor pariwisata.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Koepan Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Kupang, dalam rangka menyambut HUT Kota Kupang yang Ke-138 dan juga Hari Jadi ke-28 Kota Kupang sebagai daerah Otonom yang jatuh pada tanggal 25 April 2024 mendatang (dua hari lagi),” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Kupang ini menambahkan bahwa Koepan Festival juga sekaligus turut melestarikan budaya daerah yang ada di Kota Kupang. “Saya meminta kepada Dinas Pariwisata Kota Kupang dan perangkat daerah lainnya serta Kecamatan dan Kelurahan guna dapat bersinergi dengan berbagai pihak untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Kupang,” tegasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Koepan Festival 2024 yang disampaikan Margaritha Salean, menjelaskan kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata Kota Kupang bertajuk Koepang Festival 2024 ini bertemakan Local “Local Culture is The Tourism Future" (Lokal Kalcer Is De Turisem Fiucer).

Sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada Koepan (KUPAN) Festival 2024 diantaranya Lomba tari kreasi daerah NTT, Lokal Expo, Perform Tari Masal Daerah oleh IKKEF Kota Kupang, IKADA Kota Kupang dan Atoin Meto Kota Kupang. Termasuk atraksi Perform alat music sasando, Perform tarian dari sanggar etnis Rote, K2S , serta Live music. (*)

FOLLOW US