• Nusa Tenggara Timur

(Hoaks): Pesawat Wings Air Jatuh di Perairan Nagekeo-NTT

Imanuel Lodja | Senin, 22/04/2024 21:42 WIB
(Hoaks): Pesawat Wings Air Jatuh di Perairan Nagekeo-NTT Pesawat Wings Air tipe ATR 72-600 di area bandara El Tari Kupang

KATANTT.COM--Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia akhirnya buka suara soal adanya pesawat terbang rendah dan jatuh di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

AirNav Indonesia menindaklanjuti informasi pada Senin (22/4/2024) yang tersebar di kalangan media perihal adanya pesawat terbang rendah yang jatuh di perairan Bengga Nagekeo antara Bajawa-Ruteng, Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui bahwa informasi jatuhnya pesawat di perairan selatan Nagekeo mendadak viral di media sosial, terutama di kalangan pengguna Facebook dan WhatsApp.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro menyebutkan informasi soal pesawat terbang rendah dan jatuh di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu tidak benar atau hoaks.

"Merujuk hal tersebut, AirNav Indonesia sebagai BUMN pemandu pelayanan lalu lintas penerbangan dapat menyimpulkan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar atau hoaks," kata Hermana Soegijantoro dalam keterangannya di Jakarta, Senin (22/4/2024).

Ia menjelaskan hingga pernyataan ini dikeluarkan, wilayah kerja AirNav Cabang Kupang memastikan semua pesawat yang beroperasi di wilayah yurisdiksi cabang Kupang normal beroperasi.

Cabang Kupang juga telah berkoordinasi dengan Flight Information Centre (FIC) Bali Sector bahwa tidak ada indikasi terdapat pesawat yang mengalami accident.

Selain itu, pihak maskapai Lion Air juga sudah menghubungi AirNav Indonesia Cabang Kupang bahwa semua pesawat normal beroperasi.

Kemudian, AirNav Indonesia Unit Ruteng tetap monitor perkembangan pencarian kebenaran berita dimaksud dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak KP3U (Kantor Pelaksana Pengamanan Pelabuhan Udara) Polres Ruteng.

Sementara, maskapai Wings Air juga mengatakan informasi dugaan hilang kontak salah satu pesawat di wilayah NTT tidak benar. "Wings Air dengan tegas menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Senin (22/4/2024).

Wings Air juga memastikan kepada masyarakat luas bahwa seluruh operasi penerbangan Wings Air, termasuk yang beroperasi di Pulau Flores, NTT berjalan dengan normal, menurut standar operasional prosedur dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Hasil Cek Fakta:

Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia membantah kabar pesawat jatuh di perairan Bengga Nagekeo antara Bajawa-Ruteng, Kupang, NTT.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan, kabar tersebut tidak benar atau hoaks.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro turut membantah kabar mengenai salah satu pesawat hilang kontak di wilayah NTT.

Sementara itu, setelah ditelusuri dengan teknik reverse image search menggunakan Google Lens, gambar yang disertakan dalam unggahan di Facebook adalah foto lama.

Gambar yang sama ditemukan dalam pemberitaan ABC News, 21 Agustus 2019, tentang pesawat berisi dua orang jatuh di Teluk Half Moon, lepas pantai California, Amerika Serikat.

Kesimpulan:

Kabar pesawat jatuh di perairan selatan Nagekeo, Pulau Flores, pada Senin (22/4/2024), adalah hoaks.

AirNav Indonesia membantah kabar tersebut dan kantor cabang di Kupang memastikan bahwa semua pesawat di wilayah tersebut beroperasi normal.

Selain itu, foto yang disertakan adalah peristiwa kecelakaan pesawat di Teluk Half Moon, lepas pantai California, pada Agustus 2019.

Rujukan:

https://www.facebook.com/photo/?fbid=1511363889759784&set=a.710270533202461

https://www.antaranews.com/berita/4069155/airnav-memastikan-informasi-soal-pesawat-jatuh-di-nagekeo-ntt-hoaks

https://abcnews.go.com/US/man-films-dramatic-plane-crash-helicopter-rescue-off/story?id=65094633

https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D

FOLLOW US