• Nusa Tenggara Timur

Puting Beliung Hancurkan Gedung SMKN Kambata Mapambuhang-Sumba Timur Rata dengan Tanah

Imanuel Lodja | Kamis, 16/11/2023 04:09 WIB
 Puting Beliung Hancurkan Gedung SMKN Kambata Mapambuhang-Sumba Timur Rata dengan Tanah Puting beliung terjadi pada Selasa (14/11/2023) sekira pukul 15.00 wita. Bencana ini meluluhlantakkan bangunan SMK Negeri 8 Kambata Mapambuhang, di RT 004/RW 002, Desa Lukuwingir, Kecamatan Kambata Mapambuhang, Kabupaten Sumba Timur.

KATANTT.COM--Puting beliung terjadi pada Selasa (14/11/2023) sekira pukul 15.00 wita. Bencana ini meluluhlantakkan bangunan SMK Negeri 8 Kambata Mapambuhang, di RT 004/RW 002, Desa Lukuwingir, Kecamatan Kambata Mapambuhang, Kabupaten Sumba Timur.

Dasyatnya angin membuat bangunan sekolah tersebut roboh dan hanya tertinggal pondasinya saja. Selasa siang terjadi hujan dan disertai angin puting beliung yang menghantam gedung sekolah SMK Negeri Kambata Mapambuhang.

Hantaman angin menyebabkan bangunan roboh atau jatuh dan hanya menyisakan pondasi bangunan. Gedung sekolah tersebut memiliki 2 ruang belajar yakni masing-masing kelas berukuran 6x9 meter persegi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Bangunan sekolah tersebut terbuat dari bahan bangunan kayu yang beratapkan seng, serta dinding bangunan terbuat dari gedek kulit (anyaman kulit bambu).

Terdata jumlah siswa yang belajar di sekolah tersebut sebanyak 51 orang dan saat ini gedung tersebut tdk bisa digunakan lagi untuk kegiatan belajar mengajar.

Liandy Takanjanji, Kepala Sekolah mengaku kalau sekolah tersebut dibangun dua tahun lalu. Ia membenarkan kalau akibat angin kencang ini bangunan rata tanah dan tinggal pondasi saja.

Beruntung saat peristiwa itu terjadi Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) di sekolah itu telah usai. Namun kondisi itu tentu berdampak pada kegiatan sekolah pada hari berikutnya.

FOLLOW US