• Nusa Tenggara Timur

Viral! Peserta Upacara HUT RI di Rote Ndao Naik Kuda Tera

Imanuel Lodja | Jum'at, 18/08/2023 10:37 WIB
Viral! Peserta Upacara HUT RI di Rote Ndao  Naik Kuda Tera Peserta upacara HUT ke-78 RI di Kabupaten Rote Ndao naik kuda dengan menggenakan pakaian adat dan bendera merah putih yang dikenakan pada kuda tunggan di di Desa Oetutulu, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Kamis (17/8/2023).

KATANTT.COM--Warga di wilayah paling selatan NKRI di Pulau Rote Ndao memiliki cara tersendiri merayakan HUT ke 78 RI tahun 2023. Ada yang unik dari perayaan HUT ke 78 RI tahun 2023 di Kabupaten Rote Ndao, pada Kamis (17/8/2023).

Peserta upacara adalah sebanyak 78 ekor Kuda Tera (Kuda Hus) yang ditunggangi oleh seorang disebut Mana Saindala berpakaian adat Rote Ndao lengkap dengan kain tenun Rote Ndao, selempang dengan tutup kepala bernama Ti`i Langga.

Upacara unik ini digelar di Desa Oetutulu, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao. Saat itu terdapat hampir sekira 200 ekor Kuda Tera yang mengikuti upacara ini.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, SST, MKP. Seluruh petugas upacara lainnya seperti komandan upacara, pengibar bendera, pembaca UUD 1945, teks Pancasila dan lain-lain seluruhnya adalah warga masyarakat pemilik Kuda Hus.

Bertindak sebagai komandan upacara Darwin Ndolu dan pembawa bendera berkuda yakni Simson Hanas, Jefri Solukh dan Yunus Ndolu. Sedangkan pengibar bendera adalah Dikson Orianto Ndun, Bebbye Meilany Miha Ballo, Wahyudi Stevano Loe sedangkan Jhon Suek menjadi pembaca UUD 1945.

Humas Polres Rote Ndao, Aiptu Anam Nurcahyo yang dikonfirmasi Jumat (18/8/2023) menyebutkan kalau kegiatan ini dilakukan untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023. "Sebagai wujud cinta tanah air dengan melestarikan tradisi leluhur atau budaya adat kuda Hus di Kabupaten Rote Ndao,"ujarnya seraya menambahkan bahwa sebagai penutup rangkaian dilanjutkan dengan acara adat Menari Kebalain, Foti, dan Silat Kampung.

FOLLOW US